PENGARUH LITERASI KEUANGAN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBIAYAAN MELALUI FINTECH PEER TO PEER LENDING (Studi Pada Perempuan Pengusaha Mikro Di Kecamatan Teluk Betung Selatan)

ISDA, JAYANTI (2023) PENGARUH LITERASI KEUANGAN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBIAYAAN MELALUI FINTECH PEER TO PEER LENDING (Studi Pada Perempuan Pengusaha Mikro Di Kecamatan Teluk Betung Selatan). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK ISDA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK UMKM sebagai usaha potensial bagi kesejahteraan ekonomi, memerlukan pemberdayaan permodalan. Fintech peer to peer lending yang dapat dijadikan alternatif permodalan bagi UMKM seringkali terkendala dengan permasalahan penggunaan fitur aplikasi yang sulit dimengerti atau sulit untuk beradaptasi memerlukan kualitas layanan yang baik untuk dapat membantu nasabah mengatasi permasalahan tersebut, sesuai dengan survei SNLIK Ojk untuk pertama kali ditahun 2022 perempuan memiliki literasi keuangan yang lebih tinggi dibandingkan laki-laki. Hal tersebut berhubungan dengan pemilik UMKM yang kebanyakan di dominasi oleh Perempuan. Permasalahan pada penelitian ini adalah apakah secara parsial dan simultan variabel literasi keuangan dan variabel kualitas pelayanan berpengaruh terhadap keputusan pembiayaan melalui fintech peer to peer lending, Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh literasi keuangan dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembiayaan melalui fintech peer to peer lending, Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kuantitatif, dengan menggunakan sumber data primer dari sampel yang berjumlah 60 orang responden perempuan pengusaha mikro pengguna fintech peer to peer lending. Penelitian ini dilakukan dengan melakukan uji validitas dan reliabilitas data, uji asumsi klasik, uji analisis regresi linier berganda, dan uji hipotesis menggunakan bantuan alat pengolahan data IBM SPSS Statistic 27. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi keuangan dan kualitas pelayanan secara simultan dan parsial berpengaruh terhadap keputusan pembiayaan melalui fintech peer to peer lending oleh perempuan pengusaha mikro di kecamatan teluk betung selatan. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa semakin tinggi tingkat literasi keuangan yang dimiliki pengusaha mikro dan semakin tinggi kualitas pelayanan yang diberikan perusahaan akan meningkatkan pembiayaan melalui fintech peer to peer lending. Kata Kunci : Literasi Keuangan, Kualitas Pelayanan, Keputusan Pembiayaan iii ABSTRACT UMKM as a potential business for the economic welfaree, requires empowerment of capital. Fintech peer to peer lending which can be used as an alternative capital for UMKM is often constrained by problems using application features that are difficult to understand requires a good quality of service to be able to help customers overcome these problems, according to the SNLIK Ojk survey for the first time in 2022 women have higher financial literacy than men. This relates to UMKM owners who are mostly dominated by women. The problem in this study is whether financial literacy variables and service quality variables influence both partially and simultaneously on financing decisions through fintech peer to peer lending. The aim of this research is to determine the influence of financial literacy and service quality on financing decision, The research method used in this research is quantitative research method, using primary data sources from a sample of 60 female micro entrepreneur respondents who use fintech peer to peer lending. By using the validity and reliability test, classical assumptions test, multiple linear regression analysis test, and the hypothesis test, the data processing tool used in this study is IBM SPSS Statistics 27. The results of the study show that financial literacy and service quality partially and simultaneously influence financing decisions through fintech peer to peer lending by female micro entrepreneurs in Teluk Betung Selatan District. The results of this study conclude that the higher the level of financial literacy owned by micro�entrepreneurs and the higher the quality of service provided by the company will increase financing through fintech peer to peer lending. Keywords : Financial Literacy, Service Quality, Financing Decision

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Jan 2024 04:26
Last Modified: 04 Jan 2024 04:26
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31865

Actions (login required)

View Item View Item