PENGARUH BRAND IMAGE PERGURUAN TINGGI TERHADAP MINAT SISWA MAN 1 LAMPUNG TENGAH MELANJUTKAN STUDI KE UIN RADEN INTAN LAMPUNG

Rizki, Indri Ani (2024) PENGARUH BRAND IMAGE PERGURUAN TINGGI TERHADAP MINAT SISWA MAN 1 LAMPUNG TENGAH MELANJUTKAN STUDI KE UIN RADEN INTAN LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI RIZKI INDRI ANI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Banyaknya jumlah perguruan tinggi di Indonesia tentu memberikan harapan untuk menambah sumber daya manusia yang dibutuhkan untuk pembangunan Indonesia. Calon mahasiswa dihadapkan dengan banyaknya perguruan tinggi membuat calon mahasiswa disuguhkan dengan begitu banyak pertimbangan yang harus diperhitungkan. Persaingan diantara penyedia layanan jasa pendidikan memungkinkan perguruan tinggi untuk meningkatkan kualitas pendidikan di dalam institusinya dan juga dituntut untuk memasarkan layanannya kepada calon mahasiswa. Data yang ada menunjukkan bahwa sebanyak 233 dari 368 siswa kelas XII tahun ajaran 2022/2023 di MAN 1 Lampung Tengah melanjutkan ke perguruan tinggi. 33,69% diantaranya memilih UIN Raden Intan Lampung sebagai tempat kelanjutan studi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh brand image perguruan tinggi terhadap minat siswa MAN 1 Lampung Tengah melanjutkan studi ke UIN Raden Intan Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XII MAN 1 Lampung Tengah tahun ajaran 2022/2023 yang melanjutkan studinya ke UIN Raden Intan Lampung berjumlah 124 orang, pada cluster. Populasi berjulah 83 orang. Sampel penelitian sebanyak 69 orang yang dipilih menggunakan teknik Cluster Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Sedangkan uji hipotesis terdiri dari regresi sederhana, uji t, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel brand image perguruan tinggi berpengaruh positif pada minat siswa MAN 1 Lampung Tengah melanjutkan studi ke UIN Raden Intan Lampung. Ditunjukkan oleh nilai thitung 5,408>1,66757 pada taraf signifikansi 5%, dan diperoleh persamaan regresi linier Y= 21,017 + 0,634X, sig level 0,000<0,05 artinya jika variabel brand image perguruan tinggi meningkat sebesar 1 poin, maka minat siswa MAN 1 Lampung Tengah melanjutkan studi ke UIN Raden Intan Lampung akan meningkat 0,690. Koefisien determinasi menunjukkan nilai r² sebesar 0,304 dengan angka koefisien determinasi tersebut, brand image perguruan tinggi (X) dan minat siswa MAN 1 Lampung Tengah melanjutkan studi ke perguruan tinggi (Y) memiliki pengaruh sebesar 30,4%, sedangkan sisanya 69,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Kata Kunci: Brand Image, Minat Siswa, Perguruan Tinggi iii ABSTRACT The large number of universities in Indonesia certainly provides hope for increasing the human resources needed for Indonesia's development. There are so many universities accessible to prospective students, and there are a variety of factors that need to be taken into account. Universities needs competition among providers of educational services in order to market their offerings to potential students and to enhance the quality of education offered within the confines of the institution. According to available statistics, 233 out of the 368 students in class XII at MAN 1 Central Lampung for the 2022–2023 academic year are planning to continuing college. 33.69% of them choose to further their education at UIN Raden Intan Lampung. This study employed a quantitative approach using an associative research design. The 124 students in the class made up the study's population. The population is 83 people. With the use of the Cluster Sampling approach, 69 individuals made up the research sample. A questionnaire is used in the data collection technique. Meanwhile, the t test, coefficient of determination, and simple regression are used in hypothesis testing. The results of this research show that the university brand image variable has a positive effect on MAN 1 Lampung Tengah students' interest in continuing their studies at university. This is shown by the tcount value of 5.408>1.66757 at a significance level of 5%, and the linear regression equation Y= 21.017 + 0.634 1 Central Lampung continuing to study at university will increase by 0.690. The coefficient of determination shows an r² value of 0.304 with the coefficient of determination figure, the brand image of the university (X) and the interest of MAN 1 Lampung Tengah students to continue their studies at university (Y) have an influence of 30.4%, while the remaining 69.6% is influenced by other variables not explained in this study. Keywords: Brand Image, Student Interest, College

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Jan 2024 03:53
Last Modified: 04 Jan 2024 08:51
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31861

Actions (login required)

View Item View Item