MANAJEMEN LAYANAN PERPUSTAKAAN DI SMK MUHAMMADIYAH 2 BANDAR LAMPUNG

ADINDA, DWI SAFITRI (2024) MANAJEMEN LAYANAN PERPUSTAKAAN DI SMK MUHAMMADIYAH 2 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI DINDA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Layanan peirpuistakaan merupakan keigiatan peimbeirian layanan keipada peinguinjuing peirpuistakaan seikolah yang dipeirluikan uintuik meimbeirikan layanan dalam meinuinjang proseis peimbeilajaran di seikolah, meilayani informasi yang dibuituihkan seirta meimbeirikan layanan reikreiatif meilalui koleiksi bahan puistaka. Keibeiradaan peirpuistakaan sangatlah peinting kareina peirpuistakaan dipandang seibagai kuinci dalam peimbeilajaran siswa di seikolah. Dalam penelitian ini yang menjadi pokok permasalahannya adalah: Bagaimana layanan sirkulasi dan referensi di SMK Muhammadiyah 2 Bandar Lampung. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan manajemen layanan perpustakaan di SMK Muhammadiyah 2 Bandar Lampung. Yang berkaitan tentang : layanan sirkulasi dan layanan referensi. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan melakukan pendekatan deskriptif kualitatif. Untuk memperoleh data yang lengkap penulis menggunakan alat pengumpul data berupa Observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dengan teknik analisis data menggunakan reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan. Informasi dalam penelitian ini diperoleh langsung dari kepala perpustakaan, guru/tenaga pendidik, dan peserta didik di SMK Muhammadiyah 2 Bandar Lampung. Uji keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa manajemen layanan perpustakaan di SMK Muhammadiyah 2 Bandar Lampung. Pada layanan sirkulasi sudah berjalan dengan baik yaitu pada layanan peminjaman menerapkan sistem layanan terbuka (open acces system), melayani murid-murid yang akan mengembalikan buku yang telah dipinjam, Pengembalian buku yang menerapkan peraturan tentang lamanya peminjaman, setiap peserta didik memiliki kartu anggota perpustakaan sejak awal masuk sekolah, pustakawan membuat grafik statistik pengunjung. Pelayanan referensi di SMK Muhammadiyah 2 Bandar Lampung yaitu pelayanan pemberian informasi, pemberian bimbingan belajar pengadaan bahan pustaka dan kelengkapan koleksi perpustakaan. Tugas pelayanan informasi terselenggara dengan efektif dan efisien di dukung dengan faktor kelengkapan koleksi dan faktor iv kemampuan petugas pelayanan informasi bimbingan belajar yaitu dengan sosialisasi pendidikan perpustakaan dan menumbuhkan sikap minat membaca dalam satu hari minimal 15 menit sebelum kegiatan mengajar di mulai bagi setiap pesera didik. Hasil dari penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa manajemen layanan perpustakaan di SMK Muhammadiyah 2 Bandar Lampung sudah terpenuhi dengan cara: Layanan sirkulasi, dan layanan referensi. Kata kunci : Manajemen Layanan Perpustakaan v ABSTRACT Library services are activities to provide services to school library visitors who are needed to provide services to assist the learning process at school, serve the information needed and provide recreational services through library material collections. The existence of a library is very important because the library is seen as the key to student learning at school. In this research the main problem is: How are the circulation and reference services at SMK Muhammadiyah 2 Bandar Lampung. The aim of this research is to describe the management of library services at SMK Muhammadiyah 2 Bandar Lampung. Related to: circulation services and reference services. This research method uses a qualitative research method using a qualitative descriptive approach. To obtain complete data the author used data collection tools in the form of observation, interviews and documentation. With data analysis techniques using data reduction, data display and conclusion drawing. The information in this research was obtained directly from the head of the library, teachers/educators, and students at SMK Muhammadiyah 2 Bandar Lampung. Test the validity of the data using source triangulation. The results of the research show that the management of library services at SMK Muhammadiyah 2 Bandar Lampung. The circulation service has been running well, namely the lending service implements an open service system (open access system), serves students who will return books that have been lent, returning books applies regulations regarding the length of borrowing, every student has had a library membership card since At the beginning of school, the librarian makes visitor statistics graphs. Reference services at SMK Muhammadiyah 2 Bandar Lampung include services providing information, providing study guidance, procuring library materials and completing library collections. The information task is carried out effectively and efficiently, supported by the completeness of the collection and the capability factor of the tutoring service, namely the socialization of library education information services and fostering an attitude of interest in reading at least 15 minutes a day before teaching activities begin for each student. The results of the research vi above can be concluded that library service management at SMK Muhammadiyah 2 Bandar Lampung has been fulfilled by: Circulation services and reference services. Keywords: Library Service Management

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Jan 2024 03:40
Last Modified: 04 Jan 2024 09:04
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31859

Actions (login required)

View Item View Item