UPAYA KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SD MUHAMMADIYAH 1 BANDAR LAMPUNG

KHALIS, SETYA PUTRI (2024) UPAYA KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SD MUHAMMADIYAH 1 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI KHALIS SETYA PUTRI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Kepala sekolah sebagai pemimpin yang tertinggi sangat berpengaruh dan menentukan kemajuan sekolah, sebagai pemimpin sekolah hendaknya harus mempunyai tanggung jawab dengan seluruh pihak yang terlibat dalam kegiatan pendidikan disekolah tersebut. Selain itu kepala sekolah juga mengajak para guru dan staf disekolah tersebut untuk membantu mencapai tujuan yang diinginkan. Meskipun kepala sekolah memiliki tanggung jawab yang kompleks, tetapi upaya peningkatan kinerja guru harus tetap dilakukan. Kepala sekolah harus lebih memfokuskan perhatian dan melakukan berbagai upaya dalam meningkatkan kinerja guru. Hal ini dikarenakan kepala sekolah selain menjadi pemimpin pengajaran, kepala sekolah juga berperan sebagai model, pelatih, fasilitator dan pembimbing serta bukan sebagai wali atau pengatur pengajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya kepala sekolah dalam meningkatkan minerja guru di SD Muhammadiyah 1 Bandar Lampung. Penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif, subjek penelitian ini adalah upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SD Muhammadiyah 1 Bandar Lampung dengan sumber penelitian meliputi Kepala Madrasah, Wakil Kepala Kurikulum dan Guru. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi metode. Dalam analisis data penulis menggunakan reduksi data, penyajian data dan pengambilan keputusan. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa kepala sekolah SD Muhammadiyah 1 Bandar Lampung telah menjalankan salah satu tugasnya sebagai seorang pemimpin yaitu upaya dalam meningkatkan kinerja guru terbukti dengan hasil penelitian menghasilkan bahwa dari keempat indikator upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru telah terealisasi dengan baik. 1) Kepala sekolah melaksanakan pembinaan disiplin kerja, Cara kepala sekolah memberikan pembinaan yaitu dengan cara memberikan peringatan terhadap para guru dan juga staf sekolah untuk senantiasa meningkatkan etos kerja dan disiplin guru, memberikan pengarahan iv terhadap guru, memberikan bimbingan, dan membuat tupoksi setiap guru membuat tupoksi sebagai tanggung jawabnya; 2) pemberian motivasi, Motivasi yang diberikan dapat berupa materi dan nonmateri, Selain itu dengan diadakanya rapat bulanan dapat memberikan arahan dan motivasi terhadap guru, kemudian ada juga KKG (kelompok kerja guru) jadi setiap bulan itu ada pembinaan dalam bentuk motivasi terhada guru agar kinerja guru dapat meningkat lebih baik lagi; 3) pemberian penghargaan (reward), kepala sekolah telah rutin memberikan penghargaan. Penghargaan yang diberikan bisa berupa materi dan juga nonmateri, penghargaan ini diharapkan agar dapat meningkatkan kinerja guru, dan bisa menjadi motivasi bagi guru yang kurang baik dalam meningkatkan kinerjanya; 4) Pemberian persepsi (tanggapan), kepala sekolah sudah meberikan tanggapan terhadap kinerja guru, tanggapan-tanggapan tersebut dilakukan guna bentuk apresiasi juga atas kinerja yang dilakukan, baik itu kinerja yang sudah bagus maupun kinerja yang belum bagus karena tanggapan itulah yang nantinya akan menadi motivasi juga bagi para guru untuk terus meningkatkan kinerjanya sesuai dengan tujuan yang telah ditentukan. Kata Kunci : Upaya, Kepala Sekolah, Kinerja Guru v ABSTRACT The principal as the highest leader is very influential and determines the progress of the school. As a school leader, he must have responsibility with all parties involved in educational activities at the school. Apart from that, the principal also invites teachers and staff at the school to help achieve the desired goals. Even though school principals have complex responsibilities, efforts to improve teacher performance must still be made. School principals must focus more attention and make various efforts to improve teacher performance. This is because the principal, apart from being a teaching leader, also plays a role as a model, trainer, facilitator and guide and not as a guardian or administrator of teaching. This research aims to describe the school principal's efforts to improve teacher performance at SD Muhammadiyah 1 Bandar Lampung. This research is descriptive qualitative in nature, the subject of this research is the school principal's efforts to improve teacher performance at SD Muhammadiyah 1 Bandar Lampung with research sources including the Madrasa Head, Deputy Head of Curriculum and Teachers. Data collection techniques in this research are interviews, observation and documentation. Testing the validity of the data in this study used the triangulation method. In data analysis the author uses data reduction, data presentation and decision making. The results of this research found that the principal of SD Muhammadiyah 1 Bandar Lampung had carried out one of his duties as a leader, namely efforts to improve teacher performance as proven by the research results which showed that of the four indicators the principal's efforts to improve teacher performance had been realized well. 1) The school principal carries out work discipline development. The way the principal provides guidance is by giving warnings to teachers and school staff to always improve the work ethic and discipline of teachers, providing direction to teachers, providing guidance, and making the main tasks and duties of each teacher make the main tasks and duties. as his responsibility; 2) providing motivation, the motivation provided can be in the form of material and non-material. Apart from that, by holding monthly meetings you can vi provide direction and motivation to teachers, then there is also a KKG (teacher working group) so every month there is coaching in the form of motivation for teachers so that their performance teachers can improve even better; 3) giving awards (rewards), the principal regularly gives awards. The awards given can be material or non�material, these awards are expected to improve teacher performance, and can be a motivation for teachers who are not good enough to improve their performance; 4) Providing perceptions (responses), the principal has provided responses to the teacher's performance, these responses are carried out as a form of appreciation for the performance, whether the performance is good or the performance is not good because that response will later become motivation also for teachers to continue to improve their performance in accordance with predetermined goals. Keywords : Effort, Headmaster, Teacher Performance

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Jan 2024 03:35
Last Modified: 04 Jan 2024 09:00
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31858

Actions (login required)

View Item View Item