PENERAPAN TERAPI BEHAVIOR UNTUK PEMBETUKAN PERILAKU ANAK HIPERAKTIF ADHD DI YAMET CHILD DEVELOPMENT CENTER BANDAR LAMPUNG

SETIA, DHARMA (2024) PENERAPAN TERAPI BEHAVIOR UNTUK PEMBETUKAN PERILAKU ANAK HIPERAKTIF ADHD DI YAMET CHILD DEVELOPMENT CENTER BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI (COVER, BAB I, BAB II & DAPUS).pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Anugerah memiliki anak tentunya diharapkan oleh orangtua, apalagi dengan perkembangan anak yang diharapkan berjalan optimal. Namun, kondisi tersebut terkadang ada yang mengalami hambatan, salah satunya yaitu kondisi hambatan dalam kesulitan berkonsentrasi atau perilaku hiperaktif. Anak hiperaktif adalah anak yang mengalami gangguan sifat tertentu sehingga sulit memusatkan konsentrasi dan cenderung hiperkinetik (terlalu banyak bergerak). Hiperaktif memang identik dengan banyaknya gerakan. Dengan adanya permasalahan tersebut tentu perlu adanya penanganan yang tepat untuk menghadapi atau menangani anak yang mengalami hiperaktivitas pada ADHD. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan terapi behavior untuk pembentukan perilaku anak ADHD di Yamet Child Developmen Center Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian yang dilakukan secara langsung dilapangan atau pada responden, yang bersifat kualitatif.sumber data primer diperoleh dari wawancara dengan 1 orang terapis dan 3 orang tua anak ADHD.sedangkan sumber data skunder didapat dengan cara membaca, mempelejari dab memahami yang memahami sumber-sumber dan dokumen-dokumen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan obsevasi,wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian bahwa Pelaksanaan Terapi Perilaku Dalam Yamet Development Center Bandar Lampung ini yaitu pertama melakukan assesmen, terapis memberikan rekomendasi, proses terapi dan evaluasi Tidak lanjut pelaksanaan terapi behavior dalam penerapan terapi behavior dalam pembentukan perilaku anak hiperaktif ADHD. Terapi behavior dapat dikatakan berhasil apabila anak sudah mandiri sesuai dengan anak usianya. hiperaktif juga dapat diketahui dengan cara ceklis hiperaktifitas untuk pengukur gejala hiperaktifitas sudah semakin sedikit atau menambah. Selanjutnya dilihat anak masih membutuihkan terapi tetap diberikan terapi namun jika anak sudah tidak membutuhkan terapi tetap perlu iv dilakukan perawatan agar anak tidak kembali lagi keperilaku sebelumnya.dan agar anak mempertahankan perilaku positifnya. Kata Kunci : Terapi Behavior, Anak Hiperaktif, ADHD v ABSTRAK The gift of having children is of course expected by parents, especially with the child's development being expected to run optimally. However, sometimes there are obstacles in this condition, one of which is difficulty concentrating or hyperactive behavior. Hyperactive children are children who experience certain characteristics that make it difficult to concentrate and tend to be hyperkinetic (moving too much). Hyperactivity is synonymous with lots of movement. With these problems, of course there needs to be appropriate treatment to deal with or handle children who experience hyperactivity in ADHD. The aim of this research is to determine the application of behavior therapy to shape the behavior of ADHD children at the Yamet Child Development Center Bandar Lampung. This research uses field research, namely research conducted directly in the field or on respondents, which is qualitative in nature. Primary data sources were obtained from interviews with 1 therapist and 3 parents of ADHD children. Meanwhile secondary data sources were obtained by reading. , study and understand the sources and documents. Data collection techniques in this research used observation, interviews and documentation. Data analysis techniques use data reduction, data presentation and drawing conclusions. The results of the research show that the implementation of behavior therapy in the Yamet Child Development Center Bandar Lampung is first to carry out an assessment, the therapist provides recommendations, the therapy and evaluation process is followed by the implementation of behavior therapy in the application of behavior therapy in shaping the behavior of hyperactive children with ADHD. Behavior therapy can be said to be successful if the child is independent according to his age. Hyperactivity can also be identified by using a hyperactivity checklist to measure whether symptoms of hyperactivity are decreasing or increasing. Furthermore, if the child still needs therapy, therapy is still given, but if the child no longer needs therapy, treatment is still needed so that the child does not return to his previous behavior and so that the child maintains his positive behavior. Keywords: Behavior Therapy, Hyperactive Children, ADHD

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Jan 2024 03:26
Last Modified: 04 Jan 2024 03:26
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31857

Actions (login required)

View Item View Item