PENGARUH KOMUNIKASI PENDIDIK TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL PESERTA DIDIK KELAS V SDN 29 TULANG BAWANG TENGAH

RISHA, DINDA PUTRI (2024) PENGARUH KOMUNIKASI PENDIDIK TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL PESERTA DIDIK KELAS V SDN 29 TULANG BAWANG TENGAH. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (7MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL RISHA DINDA PUTRI .pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH KOMUNIKASI PENDIDIK TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL PESERTA DIDIK KELAS V SDN 29 TULANG BAWANG TENGAH Oleh Risha Dinda Putri Penelittian ini dilatar belakangi oleh kemampuan komunikasi pendidik sebagai alat interaksi antara pendidik dan peserta didik, yang mana tugas seorang pendidik menyampaikan materi kepada peserta didik melalui interaksi komunikasi dalam proses belajar mengajar yang dilakukannya. Serta mampu mengontrol kecerdasan emosional peserta didik baik dari internal maupun eksternal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kemampuan komunikasi pendidik, kecerdasan emosional peserta didik dan untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara kemampuan komunikasi pendidik terhadap kecerdasan emosional peserta didik di SDN 29 Tulang Bawang Tengah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional untuk dapat menguji hubungan antara dua variabel yaitu kemampuan komunikasi pendidik dan kecerdasan emosional peserta didik. Sampel dalam penelitian ini yaitu pendidik 25 orang peserta didik 30 orang. Uji persyaratan analisis data menggunakan uji normalitas, uji linieritas, dan uji hipotesa menggunakan analisis regrasi sederhana. Berdasakan hasil penelitian, nilai R Square sebesar 0,305, artinya komunikasi pendidik berpengaruh sebesar 30,5% terhadap kecerdasan emosional peserta didik kelas V di SDN 29 Tulang Bawang Tengah tahun ajaran 2023/2024 dan sebanyak 69,5% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Dari hasil perhitungan analisis regresi linier sederhana tentang komunikasi pendidik terhadap kecerdasan emosional peserta didik diperoleh nilai sig. 0,017 yaitu < 0,05, dan nilai koefisien regresinya 0,669 sehingga Ho ditolak/Ha diterima. Hal ini berarti komunikasi pendidik terdapat pengaruh yang signifikan dan positif terhadap kecerdasan emosional peserta didik kelas V di SDN 29 Tulang Bawang Tengah.Tahun Ajaran 2023/2024. Kata kunci : Kecerdasan Emosional, Komunikasi Pendidik iv ABSTRACT THE INFLUENCE OF EDUCATORS' COMMUNICATION ON EMOTIONAL INTELLIGENCE CLASS V STUDENTS OF SDN 29 Tulang Bawang Tengah By Risha Dinda Putri This research is motivated by educators' communication skills as a means of interaction between educators and students, where the task of an educator is to convey material to students through communication interactions in the teaching and learning process they carry out. As well as being able to control students' emotional intelligence both internally and externally. The purpose of this research is to find out how educators' communication skills and students' emotional intelligence are and to find out the significant relationship between educators' communication skills and students' emotional intelligence at SDN 29 Tulang Bawang Tengah. This research uses quantitative methods with a correlational research type to be able to test the relationship between two variables, namely educators' communication skills and students' emotional intelligence. The sample in this research was 25 educators, 30 students. Test data analysis requirements using normality tests, linearity tests, and hypothesis tests using simple regression analysis. Based on the research results, the R Square value is 0.305, meaning that educator communication has a 30.5% influence on the emotional intelligence of class V students at SDN 29 Tulang Bawang Tengah for the 2023/2024 academic year and 69.5% is influenced by other factors not researched. . From the results of simple linear regression analysis calculations regarding educator communication on students' emotional intelligence, a sig value was obtained. 0.017, namely <0.05, and the regression coefficient value is 0.669 so that Ho is rejected/Ha is accepted. This means that educator communication has a significant and positive influence on the emotional intelligence of class V students at SDN 29 Tulang Bawang Tengah. Academic Year 2023/2024. Keywords: Emotional Intelligence, Educator Communication

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Jan 2024 03:11
Last Modified: 04 Jan 2024 09:17
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31855

Actions (login required)

View Item View Item