IMPLEMENTASI PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA PESERTA DIDIK KELAS IV DI SDN 1 GUNUNG SUGIH

Yuhelda, Ika Indriyani (2024) IMPLEMENTASI PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA PESERTA DIDIK KELAS IV DI SDN 1 GUNUNG SUGIH. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (7MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL YUHELDA pgmi.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK IMPLEMENTASI PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA PESERTA DIDIK KELAS IV DI SDN 1 GUNUNG SUGIH Oleh Yuhelda Ika Indriyani Penguatan profil pelajar pancasila merupakan hal baru dalam dunia pendidikan. Pembelajaran berbasis projek kali ini berbeda dengan pemebalajaran berbasis projek pada biasanya, tujuan utama dalam pembelajaran berbasis projek ini berfokus pada penguatan dimensi profil pelajar pancasila dalam membentuk karakteristik peserta didik sesuai dengan pelajar sepanjang hayat dan berjiwa pancasila. Dimana saat ini nilai-nilai pancasila semakin modern. Dalam mengatasi degarasi moral kemendigbud menetapkan profil pelajar pancasila sebagai Upaya dalam mewujudkan pelajar Indonesia yang berkompetensi global dan berprilaku sesuai dengan nilai-nilai pancasila yang diterapkan melalui pembelajaran berbasis projek penguatan profil pelajar pancasila. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan implementasi penguatan profil pelajar pancasila pada peserta didik kelas IV di SDN 1 Gunung Sugih dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. penelitian ini dilakukan di SDN 1 Gunung Sugih Lampung Tengah sumber data dari penelitian ini diperoleh dari teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, data display, dan verifikasi/kesimpulan, sedangkan teknik keabsahan data menggunakan triangualasi. Penelitian ini berfokus pada penguatan profil pelajar pancasila dan dimensi beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi penguatan profil pelajar pancasila pada peserta didik kelas IV di SDN 1 Gunung Sugih Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi implementasi penguatan profil pelajar pancasila yang dilakukan guru untuk menumbuhkan karakter peserta didik. Penelitian ini mengkaji strategi pembiasaan yang dilakukan guru untuk membentuk karakter peserta didik sesuai ciri profil pelajar pancasila. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN 1 Gunung Sugih. Variabel dalam penelitian ini meliputi, peran guru, pembiasaan yang dilakukan guru, dan pernyataan peserta didik, serta pembiasaan di lapangan. Hasil analisis data yang dilakukan dengan pengecekan data dari dua narasumber berbeda dan analisis kesesuaian praktik dilapangan diperoleh kesimpulan bahwa implementasi penguatan profil pelajar pancasila pada peserta didik kelas IV dilakukan melalui pembiasaan yang dikelompokan menjadi pembiasaan rutin dan pembiasaan spontan dan berjalan dengan baik. Pembiasaan yang dilakukan mampu menumbuhkan karakter peserta didik yang religius dan berakhalak mulia sesuai ciri utama profil pelajar pancasila. Kata Kunci: Implementasi penguatan, profil pelajar pancasila, pembiasaan iv ABSTRACT IMPLEMENTATION OF STRENGTHENING THE PROFILE OF PANCASILA STUDENTS FOR CLASS IV STUDENTS AT SDN 1 GUNUNG SUGIH By Yuhelda Ika Indriyani Strengthening the profile of Pancasila students is something new in the world of education. Project-based learning this time is different from the usual project-based learning, the main objective in project-based learning focuses on strengthening the dimensions of the Pancasila student profile in forming student characteristics in accordance with lifelong students and a Pancasila spirit. Where currently Pancasila values are increasingly modern. In overcoming moral degradation, the Ministry of Education and Culture has established a Pancasila student profile as an effort to create Indonesian students who are globally competent and behave in accordance with Pancasila values which are implemented through project-based learning to strengthen the profile of Pancasila students. This research aims to describe the implementation of strengthening the Pancasila student profile in class IV students at SDN 1 Gunung Sugih in this research using descriptive methods with a qualitative approach. This research uses a descriptive method with a qualitative approach. This research was conducted at SDN 1 Gunung Sugih, Central Lampung. The data sources for this research were obtained from observation, interviews and documentation techniques. Data analysis was carried out by means of data reduction, data display, and verification/conclusion, while the data validity technique used triangulation. This research focuses on strengthening the student profile of Pancasila and the dimensions of faith, devotion to God Almighty, and noble character. The results of the research show that the implementation of strengthening the Pancasila student profile in class IV students at SDN 1 Gunung Sugih. The aim of this research is to determine the strategy for implementing strengthening the Pancasila student profile by teachers to grow the students' character. This research examines the habituation strategies used by teachers to shape students' characters according to the characteristics of the Pancasila student profile. The subjects of this research were class IV students at SDN 1 Gunung Sugih. Variables in this research include the role of the teacher, habituation carried out by the teacher, and students' statements, as well as habituation in the field. The results of data analysis carried out by checking data from two different sources and analyzing the suitability of practice in the field concluded that the implementation of strengthening the Pancasila student profile in class IV students was carried out through habituation which was grouped into routine habituation and spontaneous habituation and went well. The habituation carried out is able to develop students' character who is religious and has noble morals in accordance with the main characteristics of the Pancasila student profile. Keywords: Implementation strengthening, Pancasila student profile, habituation

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Jan 2024 03:06
Last Modified: 04 Jan 2024 09:20
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31854

Actions (login required)

View Item View Item