MANAJEMEN KELAS DALAM MENCIPTAKAN BUDAYA BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI PADA MATA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMAN 02 ABUNG SEMULI KABUPATEN LAMPUNG UTARA

Elvina, Sarnubi (2024) MANAJEMEN KELAS DALAM MENCIPTAKAN BUDAYA BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI PADA MATA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMAN 02 ABUNG SEMULI KABUPATEN LAMPUNG UTARA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1 2 dapus.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of Skripsi Vina.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Salah satu yang bisa menciptakan budaya belajar peserta didik adalah dengan adanya manajemen kelas. Budaya belajar dapat tercipta menuntut adanya memanfaatkan waktu belajar, disiplin dalam belajar, kegigihan dalam belajar dan konsiten dalam menerapkan budaya belajar. Melalui manajemen kelas dimana dengan adanya perencanaan kelas, pelaksanaan kelas dan evaluasi program perencanaan kelas, kebiasaan-kebiasana belajar bisa tercipta. Hal ini tentunya dengan peserta didik dapat memanfaatkan waktu belajar, disiplin dengan menaati semua aturan, kegigihan dalam bealajar dengan mendapatkan hasil yang baik dan konsisten dalam menerapkan cara belajar. Namun peserta didik kelas XI pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 02 Abung Semuli Kabupaten Lampung Utara dari 149 peserta didik 28% masih belum disiplin waktu, dan dari 149 peserta didik masih 13% yang melakukan pelanggaran. Penelitian ini bertujuan untuk melihat Perencanaan kelas dalam menciptakan budaaya belajar peserta didik kelas XI pada pembelajaran PAI. Pelaksanaan kelas dalam menciptakan budaya belajar peserta didik kelas XI pada pembelajaran PAI. dan Evaluasi program perencanaan kelas dalam menciptakan budaya belajar peserta didik kelas XI pada pembelajaran PAI di SMAN 02 Abung Semuli Kabupaten Lampung Utara. Dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan meneliti dilapangan. Penelitian menggunakan Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data primer diperoleh langsung dari responden atau objek yang diteliti. Sedangkan data sekunder bersumber dari penelitian terdahulu berupa jurnal terkait manajemen kelas dalam menciptakan budaya belajar, semua data tersebut menjadi bahan-bahan untuk mendeskripsikan manajemen kelas dalam menciptakan budaya belajar peserta didik kelas XI pada mapel PAI di SMAN 02 Abung Semuli Kabupaten Lampung Utara. Tekhnik analisis data dengan reduksi data, penyajian data kemudian ditarik kesimpulan. Dalam penelitian ini penguji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Manajemen kelas dalam menciptakan budaya belajar peserta didik kelas XI pada mapel PAI di SMAN 02 Abung Semuli Kabupaten Lampung Utara yaitu dilihat dari hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti memang benar budaya belajar peserta didik telah tercipta hal ini dilihat dari kedisiplinan peserta didik yang menunjukan dari 149 peserta didik sekitar 71% rajin masuk mengikuti pembelajaran. Dan dari 149 iv peserta didik 13% yang melakukan pelanggaran tata tertib. Selain kedisiplinan telah tercipta kegigihan dalam belajar sudah terlihat. Hal ini dilihat dari keaktifan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran. Serta mengerjakan dan mengumpulkan tugas tepat waktu. Dan mendapatkan nilai ulangan harian cukup baik. Walaupun masih ada diantara peserta didik kelas XI yang mendapatkan nilai ulangan harian belum maksimal. Peserta didik kelas XI banyak yang menerapkan cara belajarnya dengan belajar secara berkelompok dari pada individu. Rekomendasi yang ingin peneliti sampaikan terkait manajemen kelas dalam menciptakan budaya belajar peserta didik kelas XI pada mata pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 02 Abung Semuli Kabupaten Lampung Utara yaitu, Mempertahankan aturan yang diterapkan agar peserta didik selalu disiplin, mempertahankan kegiatan pembelajaran dan penggunaan metode yang telah diterapkan agar budaya belajar peserta didik tetap tercipta, merawat sarana prasarana yang ada agar tetap layak digunakan, guru memaksimalkan gaya belajar dengan menyampaikan materi pembelajaran yang berbeda-beda agar peserta didik tidak bosan, guru harus bisa menciptakan suasana kompetisi kelas yang menantang agar peserta didik semangat dalam belajar, dan guru harus mencari sebab mengapa peserta didik melakukan pelanggaran dan kurang maksimal dalam belajar agar dapat mencari sulusi terbaik. Kata kunci :Budaya Belajar, Manajemen Kelas, Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam v ABSTRACT One thing that can create a learning culture for students is classroom management. Creating a learning culture requires utilizing study time, discipline in studying, persistence in learning and consistency in implementing the learning culture. Through class management where there is class planning, class implementation and evaluation of class planning programs, learning habits can be created. This is of course by students being able to utilize study time, being disciplined by obeying all the rules, being persistent in learning by getting good results and being consistent in applying learning methods. However, out of 149 students, 28% of class PAI learning at SMAN 02 Abung Semuli, North Lampung Regency. In this research, qualitative descriptive research was used in the field. The research uses data collection techniques in the form of interviews, observation and documentation. Primary data is obtained directly from respondents or objects studied. Meanwhile, secondary data comes from previous research in the form of journals related to classroom management in creating a learning culture. All of this data becomes material for describing classroom management in creating a learning culture for class XI students in the PAI subject at SMAN 02 Abung Semuli, North Lampung Regency. Data analysis techniques using data reduction, data presentation and then conclusions drawn. In this research, data validity testers used source triangulation. The results of this research show that classroom management in creating a learning culture for class students, which shows that out of 149 students, around 71% are diligent in participating in learning. And of the 149 students, 13% committed violations of the rules. Apart from discipline, persistence in learning has been seen. This can be seen from the activeness of students in participating in learning. And do and submit assignments on time. And get quite good daily test scores. Although there are still class XI students whose daily test scores are not optimal. Many class XI students apply their learning method by studying in groups rather than individually. The recommendations that the researcher would like to convey regarding classroom management in creating a learning culture for class implemented so that students' learning culture vi continues to be created, maintaining existing infrastructure so that they remain suitable for use, teachers maximize learning styles by delivering different learning materials so that students do not get bored, teachers must be able to create a challenging classroom competition atmosphere so that students are enthusiastic in learning, and teachers must look for the reasons why students commit violations and are less than optimal in learning in order to find the best solution. Keywords: Learning Culture, Class Management, Islamic Religious Education Subjects

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Jan 2024 03:01
Last Modified: 04 Jan 2024 09:24
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31853

Actions (login required)

View Item View Item