PENERAPAN MODEL PICTURE AND PICTURE BERBANTUAN MEDIA VIDEO DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SDN 02 GUNUNG SULAH BANDAR LAMPUNG

NANDA, YULISTIA (2024) PENERAPAN MODEL PICTURE AND PICTURE BERBANTUAN MEDIA VIDEO DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SDN 02 GUNUNG SULAH BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB I DAN II.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of skripsi nanda.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa hal yakni hasil belajar peserta didik yang masih rendah dan belum mencapai KKM pada mata pelajaran IPA kelas IV SDN O2 Gunung Sulah belum maksimal, dikarenakn oleh model pembelajaran yang monoton dan kuranya media pembelajaran yang digunakan pada saat berlangsungnya KBM. Selain itu kegiatan pembelajaran masih terpusat pada guru. khususnya pada mata pelajaran IPA, kurangnya keaktifan siswa dalam proses pembelajaran dikarenakan model pembelajaran yang digunakan masih monoton sehingga berpengaruh pada hasil belajar adapun dibawah ini table hasil belajar siswa siswa pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada peserta didik kelas IV SDN 02 Gunung Sulah Bandar Lampung. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian Tindakan kelas. Metode ini dilakukan dalam empat tahap yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Keempat tahapan tersebut merupakan siklus yang berlangsung secara berulang dan dilakukan dengan langkah�langkah yang sama dan difokuskan pada pembelajaran yang menggunakan model Picture And Picture berbantuan media video. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan selama dua siklus, maka dapat diambil kesimpulan bahwa penggunaan model Picture And Picture berbantuan media video dapat meningkatkan hasil belajar IPA kelas IV SDN 02 Gunung Sulah Bandar Lampung hal ini dapat dibuktikan dengan hasil belajar peserta didik siklsus I yang tuntas sebanyak 15 peserta didik (58%) dan belum tuntas sebanyak 11 peserta didik (42%) . selanjutnya mengalami peningkatan hasil belajar pada siklus II yakni peserta didik yang tuntas sebanyak 21 peserta didik (81%) dan yang belum tuntas sebanyak 5 peserta didik (19%). Kata Kunci : Picture And Picture, Hasil Belajar, Media Video, Pembelajaran IPA iii ABSTRAK This research was motivated by several things, namely the learning outcomes of students who were still low and had not yet reached the KKM in science subjects for class IV at SDN O2 Gunung Sulah were not optimal, due to the monotonous learning model and the lack of learning media used during the teaching and learning process. Apart from that, learning activities are still centered on the teacher. especially in science subjects, there is a lack of student activity in the learning process because the learning model used is still monotonous so that it affects learning outcomes. Below is a table of student learning outcomes in science subjects. This research aims to improve science learning outcomes for class IV students at SDN 02 Gunung Sulah Bandar Lampung. The method used in this research is classroom action research. This method is carried out in four stages which include planning, implementation, observation and reflection. These four stages are cycles that occur repeatedly and are carried out with the same steps and are focused on learning using the Picture and Picture model assisted by video media. Based on the results of research that has been carried out over two cycles, it can be concluded that the use of the Picture and Picture model assisted by video media can improve science learning outcomes for class IV SDN 02 Gunung Sulah Bandar Lampung. This can be proven by the learning outcomes of cycle I students who completed as many as 15 students (58%) and 11 students (42%) have not completed it. Furthermore, there was an increase in learning outcomes in cycle II, namely 21 students who completed it (81%) and 5 students who did not complete it (19%). Keywords: Picture and Picture, Learning Results, Video Media, Science Learning

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Jan 2024 02:51
Last Modified: 04 Jan 2024 09:29
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31852

Actions (login required)

View Item View Item