TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK KEMITRAAN ANTARA PT. CJ CHEILJEDANG FEED DENGAN PETAMBAK DALAM BUDIDAYA UDANG (Studi di Desa Gebang Kecamatan Teluk Pandan Kabupaten Pesawaran)

RANI, SAFITRI (2024) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK KEMITRAAN ANTARA PT. CJ CHEILJEDANG FEED DENGAN PETAMBAK DALAM BUDIDAYA UDANG (Studi di Desa Gebang Kecamatan Teluk Pandan Kabupaten Pesawaran). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of Skripsi Rani Safitri (1521030493) .pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK Kontribusi perikanan dan kelautan di Kabupaten Pesawaran dalam bidang ekonomi sangat berpengaruh bagi masyarakat di sekitarnya, meski demikian dalam menjalankan roda perekonomian tersebut terdapat berbagai kendala yang dialami oleh masyarakat, terutama bagi masyarakat yang terjun kedalam sektor perikanan tambak, keterbatasan biaya menjadi persoalan utama petani udang tambak di Desa Gebang, dalam proses pembelian pakan udang biasanya dilakukan dengan transaksi yang bisa disebut hutang ataupun bisa juga disebut meminjam pakan, karena proses pembayaran pada pakan Tambak Udang ini dilakukan pasca panen. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana Tata Cara Perjanjian Antara PT. CJ Cheiljedang Feed Dengan Tambak Udang dalam Jual Beli Pakan Udang di Desa Gebang Kabupaten pesawaran Serta Bagaimana Tinjauan Hukum Islam tentang Perjanjian Antara PT. CJ Cheiljedang Feed Dengan Tambak Udang Dalam Jual Beli Pakan Udang di Desa Gebang Kabupaten pesawaran Penelitian ini dilakukan dengan mengggunakan penilitian lapangan (field research) yang dilakukan pada PT. CJ Cheiljedang Feed dan Tempat Tambak udang di Desa Gebang Kecamatan Teluk Pandang Kabupaten Pesawaran. dan pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Adapun populasi dalam penelitian ini berjumlah 10 orang yang terdiri dari 9 Tambak Udang dan 1 orang dari PT. CJ Cheiljedang dan pengambilan sampelnya menggunakan Teknik purposive sampling. Teknik Analisa data yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskripsif. Teknik penulisan pada penelitian ini adalah deduktif dan deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : (1) Tata cara pelaksaanan perjanjian kontrak panjang oleh kedua belah pihak dilakukan dari awal pembibitan hingga panen setelah penjualan tambak udang. Kemudian kedua belah pihak harus saling memenuhi hak dan kewajiban mereka masing masing sesuai kesepakatan dari awal tanpa adanya kecurangan dari kedua belah pihak. (2) Tinjauan Hukum Islam Tentang Perjanjian yang dilakukan antara PT. CJ Cheiljedang Feed dengan Tambak Udang dalam jual beli pakan udang itu diperbolehkan karena telah jelas dilakukan oleh dan telah memenuhi rukun syarat perjanjian yang dilakukan oleh kedua belah pihak dari awal pembibitan tambak udang dan termasuk dalam Akad Shahih Qardh dimana Akad itu mengikat pada pihak-pihak yang telah berakad yang dimana para petambak akan mengembalikan jumlah pakan udang ketika sudah panen dengan syarat yang telah disepakati oleh kedua belah pihak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Jan 2024 04:05
Last Modified: 03 Jan 2024 04:05
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31848

Actions (login required)

View Item View Item