PENGARUH STRATEGI OUTDOOR LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA PESERTA DIDIK KELAS IV MI MIFTAHUL HUDA TUNGGUL PAWENANG PRINGSEWU

FAJAR, IRFANUDIN (2024) PENGARUH STRATEGI OUTDOOR LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA PESERTA DIDIK KELAS IV MI MIFTAHUL HUDA TUNGGUL PAWENANG PRINGSEWU. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL FAJAR IRFANUDIN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Kegiatan belajar merupakan kegiatan yang paling penting dalam proses pendidikan. Salah satu masalahnya adalah pembelajaran yang lemah. Kegiatan pembelajaran di kelas terus membangun keterampilan peserta didik mengingat informasi. Dalam pembelajaran IPA, khususnya pembelajaran mengajar hanyalah menghafal fakta, prinsip, dan teori. belajar ilmu menjelaskan dan mendengarkan saja tidak cukup, peserta didik memahami materi dan konsep dengan lebih baik ketika mereka melakukan kegiatan menemukan konsepnya sendiri. Proses belajar merupakan proses yang bertujuan agar orang yang belajar mendapat perubahan perilaku yang positif sesuai dengan yang diharapkan. Kegiatan pembelajaran harus direncanakan secara sistematis dan menarik peserta didik tertarik untuk belajar. Salah satu aktivitas pembelajaran yang menarik adalah strategi outdoor learning, mempelajari strategi pembelajaran di luar ruangan ini memungkinkan guru untuk mengundang peserta didik belajar di luar kelas sehingga pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan memberi kesempatan bagi peserta didik untuk lebih mengenal satu sama lain dan lebih dekat dengan lingkungan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dan penggunaan strategi pembelajaran outdoor learning di MI Mftahul Huda Tunggul Pawenang Pringsewu pada pembelajaran IPA. Menurut Vincencia, strategi outdoor learning dapat berupa permainan, cerita, olahraga, eksperimen, perlombaan, mengenal kasus-kasus lingkungan disekitarnya dan diskusi panggilan solusi, aksi lingkungan, dan jelajah lingkungan. Sehingga nantinya akan meningkatkan hasil belajar IPA pada kategori mampu dalam pelajaran ilmu pengetahuan alam Berdasarkan pada hasil observasi pra penelitian diketahui nilai hasil belajar IPA pada peserta didik kelas IV MI Mftahul Huda Tunggul Pawenang Pringsewu tergolong rendah, dapat dilihat bahwa nilai peserta didik masih banyak yg belum tuntas atau dibawah KKM, dari total 34 peserta didik hanya 11 pesrerta didik yang nilainya diatas rata-rata KKM, maka dari ini peneliti menerapkan strategi outdoor learning guna untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif yang termasuk kelompok penelitian eksperimen yaitu Quasi Exsperimental Design. Quasi Exsperimental Design yaitu desain ini mempunyai kelompok kontrol, tetapi tidak dapat berfungsi sepenuhnya untuk mengontrol variabel-variabel luar yang mempengaruhi pelaksanaan eksperimen. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes dan dokumentasi. Instrumen tes berupa soal pilihan ganda dengan jenis soal berdasarkan pada indikator yang ada pada mata pelajaran IPA Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV di MI Miftahul Huda Tunggul Pawenang Pringsewu. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dengan uji Liliefors, uji homogenitas dengan uji Fisher dan uji hipotesis dengan uji-t. Berdasarkan hasil belajar peserta didik di MI Miftahul Huda Tunggul Pawenang Pringsewu yang bisa dibilang tergolong rendah. Keadaan ini menuntut guru untuk dapat meningkatkan proses pembelajaran yang diterapkan dengan cara mengubah pola belajar. Untuk mengatasi masalah tersebut, peneliti menerapkan strategi Outdoor Learning di dalam proses pembelajaran IPA. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi Outdoor Learning terhadap hasil belajar IPA Pada Peserta Didik kelas IV MI Miftahul Huda Tunggul Pawenang Pringsewu. Sebelum melakukan penelitian, butir�butir soal terlebih dahulu diuji-cobakan kepada peserta didik di luar sampel, yang kemudian di uji kevalidan dan reliabilitasnya. Dilihat dari hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji t dari nilai N-gain Persen yang dilakukan, dinyatakan bahwa H0 di tolak yang diperoleh dari nilai sig (2tailed) sebesar 0,000 yang memiliki nilai lebih kecil dari nilai kriteria (α = 0,050) sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan bahwa strategi pembelajaran outdoor learning ini berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar IPA pada peserta didik kelas IV MI Miftahul Huda Tunggul Pawenang Pringsewu. Kata Kunci : Strategi Outdoor Learning, Hasil Belajar. iii ABSTRACT Learning activities are the most important activities in the educational process. One of the problems is weak learning. Learning activities in class continue to build students' skills in remembering information. In science learning, especially teaching and learning is just memorizing facts, principles and theories. Just learning the science of explaining and listening is not enough, students understand the material and concepts better when they carry out activities to discover the concepts themselves. The learning process is a process that aims to ensure that the person learning gets positive changes in behavior as expected. Learning activities must be planned systematically and attract students interested in learning. One of the interesting learning activities is the outdoor learning strategy. Learning this outdoor learning strategy allows teachers to invite students to study outside the classroom so that learning becomes more fun and provides opportunities for students to get to know each other better and get closer to the environment. The aim of this research is to improve student learning outcomes and the use of outdoor learning strategies at MI Miftahul Huda Tunggul Pawenang Pringsewu in science learning. According to Vincencia, outdoor learning strategies can take the form of games, stories, sports, experiments, competitions, getting to know environmental cases around them and discussing calls for solutions, environmental action and environmental exploration. So that in the future it will improve science learning outcomes in the capable category in natural science lessons. Based on the results of pre�research observations, it is known that the value of science learning outcomes for class IV students at MI Miftahul Huda Tunggul Pawenang Pringsewu is relatively low. It can be seen that the scores of many students are still low. completed or below the KKM, out of a total of 34 students, only 11 students scored above the KKM average, so the researchers implemented an outdoor learning strategy in order to improve student learning outcomes. The research method used in this research is a quantitative method which belongs to the experimental research group, namely Quasi Experimental Design. Quasi Experimental Design, namely this design has a control group, but cannot function fully to control external variables that influence the implementation of the experiment. Data collection uses test instruments and documentation. The test instrument is in the form of multiple choice questions with the types of questions based on existing indicators in the science subject. The population in this study were all class IV students at MI Miftahul Huda Tunggul Pawenang Pringsewu. The data analysis technique uses the normality test with the Liliefors test, homogeneity test with the Fisher test and hypothesis testing with the t-test. Based on the learning outcomes of students at MI Miftahul Huda Tunggul Pawenang Pringsewu which can be said to be relatively low. This situation requires teachers to be able to improve the learning process implemented by changing learning patterns. To overcome this problem, researchers implemented an Outdoor Learning strategy in the science learning process. The aim of this research is to determine the effect of the Outdoor Learning strategy on science learning outcomes in class IV students at MI Miftahul Huda Tunggul Pawenang Pringsewu. Before conducting research, the question items were first tested on students outside the sample, who then tested their validity and reliability. Judging from the results of the hypothesis test using the t test of the N-gain Percent value carried out, it is stated that H0 is rejected which is obtained from the sig (2-tailed) value of 0.000 which has a value smaller than the criterion value (α = 0.050) so it can be concluded that There is a significant influence that this outdoor learning learning strategy has an effect on improving science learning outcomes for class IV students at MI Miftahul Huda Tunggul Pawenang Pringsewu. Keywords: Outdoor Learning Strategy, Learning Outcomes.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Jan 2024 03:09
Last Modified: 03 Jan 2024 04:24
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31844

Actions (login required)

View Item View Item