ANALISIS FIQH SIYASAH TERHADAP SYARAT DAN TATA CARA PEMBERIAN ASIMILASI BAGI NARAPIDANA DALAM RANGKA PENCEGAHAN DAN PENANGGULANGAN PENYEBARAN COVID-19 (Studi di Rumah Tahanan Kelas I Bandar Lampung)

MUHAMMAD, SOBARY (2023) ANALISIS FIQH SIYASAH TERHADAP SYARAT DAN TATA CARA PEMBERIAN ASIMILASI BAGI NARAPIDANA DALAM RANGKA PENCEGAHAN DAN PENANGGULANGAN PENYEBARAN COVID-19 (Studi di Rumah Tahanan Kelas I Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI MUHAMMAD SOBARY.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (22MB)

Abstract

ABSTRAK Fenomena pandemi virus corona atau Covid-19 sebagai bencana global menimbulkan dampak yang begitu luar biasa bagi seluruh aspek kehidupan yang berlangsung dimuka bumi, Pemerintah Indonesia telah menetapkan wabah Corona virus atau Covid-19 sebagai bencana nasional sejak tanggal 14 Maret 2020. Upaya yang dilakukan pemerintah dalam menekan laju penularan Corona Virus atau Covid-19 yaitu mengeluarkan kebijakan berupa tata cara pemberian asimilasi bagi narapidana dan anak melalui peraturan menteri hukum dan hak asasi manusia Nomor 32 tahun 2020. Kebijakan tersebut diambil dengan pertimbangan yang matang bahwa hampir semua lembaga pemasyarakatan dan rumah tahanan di tanah air kelebihan kapasitas, sehingga rentan dengan ancaman pandemi Corona Virus atau Covid-19. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Implementasi Permenkumham Nomor 32 Tahun 2020 Tentang Prosedur pelaksanaan dan tata cara pemberian asimilasi terhadap narapidana pada Rumah Tahanan Kelas I Bandar Lampung ? Bagaimana Analisis Fiqh Siyasah Terhadap pelaksanaan Permenkumham Nomor 32 Tahun 2020 Pada Rumah Tahanan Kelas I Bandar Lampung ? Tujuan Penelelitian untuk mengetahui Implementasi Permenkumham Nomor 32 Tahun 2020 dan Prosedur pelaksanaan dan tata cara pemberian asimilasi pada Rumah Tahanan Kelas I Bandar Lampung, dan Untuk mengetahui Analisis Fiqh Siyasah Terhadap pelaksanaan Permenkumham Nomor 32 Tahun 2020 Pada Rumah Tahanan Kelas I Bandar Lampung. Jenis penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field Research), yaitu mengadakan penelitian lapangan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif yaitu dengan menganalisis data yang diteliti dengan menerapkan data-data tersebut kemudian memperoleh kesimpulan. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa, buku, iii dokumen, peraturan perundang-undangan, wawancara dan hasil dari penelitian. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, Pemberian asimilasi baginarapidana merupakan salah satu dari perlindungan Negara dalam melindungirakyatnya. Dalam memenuhi kewajibannya untuk melindungi HAM kepada setiap warga negaranya tanpa terkecuali terhadap orang yang melakukan tindak pidana khusus sekalipun. Di dalam pandangan Fiqh Siyasah Islam pun mengenal denganpengampunan atau pengurangan masa hukuman. Asimilasi dalam hukum Islam adalahuntuk menjaga kemaslahatan dan menghindari kemudharatan, serta untukmenghormati hak asasi atas penyesalan (pengajuan salah/taubat) pelaku tindakpidana. Pengampuan juga bertujuan untuk menghargai pihak korban yang telahmemberikan Syafa’at dengan jalan damai sesuai dengan ajaran Rasulullah. Kata Kunci : Asimilasi, Covid-19, Fiqh Siyasah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Jan 2024 07:20
Last Modified: 02 Jan 2024 07:20
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31839

Actions (login required)

View Item View Item