ANALISIS KETERAMPILAN 4C PADA HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SBDP DI KELAS IV SDN 1 SUKADANAHAM BANDAR LAMPUNG

Siti, Rania Adelista (2024) ANALISIS KETERAMPILAN 4C PADA HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SBDP DI KELAS IV SDN 1 SUKADANAHAM BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of Skripsi  Siti Rania Adelista.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana Keterampilan Comunication (Komunikasi) dan Creativity (kreatifitas) pada hasil belajar SBDP di kelas 4 SDN 1 Sukadanaham Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang berjenis kualitatif deskriptif dengan subjek dan sumber data utama yaitu wali kelas. Tehnik uji validitas data dengan cara triangulasi sumber dan triangulasi metode yang kemudian data tersebut akan dianalisis dengan model Miles and Huberman. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitiannya ialah Sekolah SDN 1 Sukadanaham telah menerapkan keterampilan komunikasi (communication) dan kreativitas (creativity) dengan baik. Temuan penelitian menunjukkan bahwa peserta didik mengalami kemajuan positif dalam keterampilan mendengarkan, berbicara, presentasi, dan komunikasi antar budaya. Dalam hal kreativitas, siswa menunjukkan tingkat kreativitas yang beragam, termasuk dalam aspek fluency, flexibility, originality, dan elaboration. Kata Kunci: Hasil Belajar, Keterampilan Komunikasi, Keterampilan Kreativitas iv ABSTRACK This research aims to investigate the Communication and Creativity skills in the learning outcomes of Arts and Crafts (SBDP) in the 4th grade at SDN 1 Sukadanaham, Bandar Lampung. The study employs a qualitative descriptive field research design, with primary subjects and data sources being the class teachers. Data validity is tested through source triangulation and method triangulation, and the data are analyzed using the Miles and Huberman model. Data collection methods include interviews, observations, and documentation. Data analysis is conducted using qualitative descriptive analysis methods. The findings reveal that SDN 1 Sukadanaham has effectively implemented communication and creativity. The research indicates positive progress in students' listening, speaking, presentation, and cross-cultural communication skills. Regarding creativity, students demonstrate diverse levels of creativity, encompassing fluency, flexibility, originality, and elaboration. Keywords: Learning Outcomes, Communication Skills, Creativity Skills

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Jan 2024 07:14
Last Modified: 02 Jan 2024 08:35
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31838

Actions (login required)

View Item View Item