ANALISIS SEKOLAH RAMAH ANAK DALAM MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK DI SDN 1 SABAH BALAU LAMPUNG SELATAN

Nadia, Napoleon (2024) ANALISIS SEKOLAH RAMAH ANAK DALAM MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK DI SDN 1 SABAH BALAU LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor pendukung pendidik dalam membentuk karakter peserta didik melalui sekolah ramah anak dan untuk mengetahui analisis sekolah ramah anak dalam membentuk karakter peserta didik di SDN 1 Sabah Balau Lampung Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang berjenis kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Tehnik uji validitas data dengan cara triangulasi tehnik dan triangulasi sumber yang kemudian data tersebut akan dianalisis dengan model Miles and Huberman. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif, Metode berfikir dalam penelitian ini menggunakan pendekatan induktif, yaitu metode yang mempelajari suatu gejala yang khusus untuk mendapatkan kaidah-kaidah di lapangan yang lebih umum mengenai fenomena yang diselidiki. Hasil penelitiannya ialah 1) dalam mengimplementasikan sekolah ramah anak yang dilakukan SDN 1 Sabah Balau dalam membentuk karakter peserta didik sudah cukup baik, hal ini dapat dilihat dengan upaya yang dilakukan pihak sekolah maupun pendidik dalam menerapkan sekolah ramah anak baik dalam proses pembelajaran didalam maupun diluar kelas. 2). Upaya yang dilakukan pihak sekolah dengan membuat kebijakan tentang sekolah ramah anak, memegang teguh prinsip sekolah ramah anak, menciptakan sekolah yang ramah juga menyediakan sarana dan prasarana yang aman dan nyaman untuk peserta didik. Selain itu pikah sekolah juga guru tentu melakukan pembelajaran dan pelatihan lebih lanjut terkait program sekolah ramah anak, dengan menmbentuk tenanga pelatih dan membuat prokja setiap tahunnya guna terealisasikannya sekolah ramah anak yang sesuai dengan peraturan yang ada. Selain itu melibatkan orang tua peserta didik dan pemangku kepentingan demi tercapainya tujuan sekolah ramah anak. Kata kunci: Karakter, Peserta Didik, Sekolah Ramah Anak This research aims to determine the supporting factors of educators in shaping the character of students through child-friendly schools and to determine the analysis of child-friendly schools in shaping the character of students at SDN 1 Sabah Balau, South Lampung. This research is descriptive qualitative field research with a case study approach. The technique for testing data validity is by means of technical triangulation and source triangulation, then the data will be analyzed using the Miles and Huberman model. Data collection was carried out using interviews, observation and documentation methods. Data analysis was carried out using a qualitative descriptive analysis method. The thinking method in this research uses an inductive approach, namely a method that studies a specific phenomenon to obtain more general rules in the field regarding the phenomenon being investigated. The results of the research are 1) in implementing child-friendly schools, what SDN 1 Sabah Balau has done in shaping the character of students is quite good, this can be seen from the efforts made by the school and educators in implementing child-friendly schools both in the learning process inside and outside the classroom. . 2). The efforts made by the school are to create policies regarding child-friendly schools, upholding the principles of child-friendly schools, creating friendly schools and providing safe and comfortable facilities and infrastructure for students. Apart from that, school leaders and teachers of course carry out further learning and training related to child-friendly school programs, by forming a team of trainers and creating work programs every year to realize child-friendly schools that comply with existing regulations. Apart from that, it involves parents of students and stakeholders to achieve the goal of child�friendly schools. Keywords: Character, Child Friendly School, Students

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Jan 2024 07:09
Last Modified: 02 Jan 2024 08:38
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31837

Actions (login required)

View Item View Item