PERAN GURU DALAM MENGUATKAN NILAI TANGGUNG JAWAB PESERTA DIDIK PADA SEKOLAH RAMAH ANAK DI SDN 1 SABAH BALAU LAMPUNG SELATAN

MAYA, CINTYA SARI (2024) PERAN GURU DALAM MENGUATKAN NILAI TANGGUNG JAWAB PESERTA DIDIK PADA SEKOLAH RAMAH ANAK DI SDN 1 SABAH BALAU LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of Skripsi Maya.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui peran guru dalam menguatkan nilai tanggung jawab peserta didik pada sekolah ramah anak di SDN 1 Sabah Balau Lampung Selatan. Menguatkan nilai tanggung jawab dimulai sejak sekolah dasar, ketika nilai tanggung jawab sudah menjadi mental yang kuat, maka akan mendasari karakter seorang dalam kehidupan sehari-hari. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan pendekatan deskriptif dengan subjek dan sumber data utama yaitu wali kelas, kepala sekolah dan peserta didik di SDN 1 Sabah Balau Lampung Selatan. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan teori Miles dan Huberman yaitu dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukan proses peran guru dalam menguatkan nilai tanggung jawab peserta didik pada sekolah ramah anak di SDN 1 Sabah Balau Lampung Selatan. Peran guru tersebut diantaranya yaitu sebagai korektor, inspirator, pembimbing, pengelola kelas, serta mediator, sehingga dengan adanya peran guru tersebut nilai tanggung jawab peserta didik dapat dikuatkan dengan baik dan benar. Kata Kunci: Nilai Tanggung Jawab, Peran Guru iv ABSTRACT This research aims to determine the role of teachers in strengthening the value of student responsibility at child-friendly schools at SDN 1 Sabah Balau, South Lampung. Strengthening the value of responsibility starts in elementary school, when the value of responsibility becomes strong mentally, it will underlie a person's behavior in everyday life. The type of research used is qualitative with a descriptive approach with the main subjects and data sources namely homeroom teachers, school principals and students at SDN 1 Sabah Balau South Lampung. Data collection through observation, interviews and documentation. Data analysis used by Miles and Huberman theory is data collection, data reduction, data presentation and verification. The results of this research show the process of the teacher's role in strengthening the value of student responsibility at child�friendly schools at SDN 1 Sabah Balau, South Lampung. The teacher's role includes being a corrector, inspirer, guide, class manager, and mediator, so that with the teacher's role the value of students' responsibility can be strengthened properly and correctly. Keywords: Value of Responsibility, Teacher's Role

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Jan 2024 07:04
Last Modified: 02 Jan 2024 08:42
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31836

Actions (login required)

View Item View Item