ADAB MENUNTUT ILMU MENURUT SYAIKH AZ-ZARNUJI DALAM KITAB ADABUL TA’LIM MUTA’ALLIM DAN KONTEKSTUALISASINYA DENGAN MATERI PEMBELAJARANAKIDAH AKHLAK MADRASAH TSANAWIYAH

NUR, AYNI (2024) ADAB MENUNTUT ILMU MENURUT SYAIKH AZ-ZARNUJI DALAM KITAB ADABUL TA’LIM MUTA’ALLIM DAN KONTEKSTUALISASINYA DENGAN MATERI PEMBELAJARANAKIDAH AKHLAK MADRASAH TSANAWIYAH. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI FUL  NUR AYNI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Permasalahan dalam skripsi ini adalah banyaknya orang yang memiliki ilmu namun tidak memiliki adab dikarenakan tidak mendapatkan kenikmatan manfaat dari ilmu yang sudah ia pelajari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap apa saja yang termasuk langkah�langkah dan adab apa saja yang harus dikuasai sebelum menuntut ilmu menurut Syaikh Az�Zarnuji dalam kitab Adabul Ta‘lim Muta‘allim. Yang mana syaikh Az-Zarnuji adalah salah satu tokoh Islam yang memberikan saran dan ujaran yang tertulis dalam kitab Talim Muta‘alim untuk seorang penuntut ilmu agar dapat mendapatkan manfaat dari ilmu yang sedang dikaji. Selain intu penulis mengkontekstualisasikan adab adab menuntut ilmu tersebut dengan Materi pembelajaran akidah akhlak pada madrasah tsanawiyah. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaann (Library Research) fokus peneltian pada adab dalam menuntut ilmu menurut Syaikh Az-Zarnuji dalam kitab Adabul Ta‘lim Muta‘allim dan kontekstualisasinya dengan materi pembelajaran akidah akhlak madrasah tsanawiyah. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data pustaka. Kemudian teknik analisis data menggunakan teknik (Content Analysis) yang merupakan analisis isi. Teknik ini juga dipakai untuk mengkontekstualisasikan adab dalam kitab dengan materi. Hasil penelitian menunjukan bahwa adab menuntut ilmu menurut syaikh Az-Zarnuji dalam Kitab Adabul Ta‘lim Muta‘allim yaitu meliputi 1.ilmu dan keutamaannya, 2. Niat dalam menuntut ilmu, 3. Memilih ilmu,guru, teman, serta ketabahan dalam belajar, 4. Menghormati guru dan ulama, 5. Bersungguh-sungguh, tekun, dan cita-cita, 6. Waktu memulai belajar,kadar pelajaran, dan urutan materi pelajaran, 7. Tawakal kepada Allah, 8. Waktu belajar, 9. Kasih sayang dan memberi nasihat, 10. Mengambil pelajaran, 11. Wara, 12. Penyebab hafal dan lupa, 13. Rezeki dan umur. Sedangkan kontekstualisasinya dengan materi pembelajaran akidah akhlak Madrasah Tsanawiyah memiliki keselarasan dengan materi materi akidah akhlak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan akidah berupa nilai dasar keimanan memiliki keselarasan dengan materi-materi akidah akhlak pada bab Iman kepada Allah, Malaikat, kitab Allah, Nabi dan Rasul, Hari Akhir, Qodho‘ dan Qodar. Sedangkan Nilai Akhlak memiliki keselarasan dengan materi Akidah Islam, tobat,taat, istiqomah dan ikhlas, Adab sholat dan berdzikir,keteladanan Nabi Sulaiman As ,Adab Membaca Al-Qur‘an dan Berdoa, Al-Qur‘an dan Keistimewahannya, Membiasakan Akhlak Terpuji (Ikhtiar, Tawakal, Sabar, Syukur dan Qonaah), Akhlak Terpuji Kepada Diri Sendiri, Adab ke Saudara, Teman, dan Tetangga, Adab Berjalan , Berpakaian, Makan dan Minum. Kata kunci : Adab Menuntut Ilmu, Ta’lim Muta’allim, Kontekstualisasi, Akidah Akhlak. iii ABSTRACT The problem in this thesis is that there are many people who have knowledge but do not have manners because they do not enjoy the benefits of the knowledge they have learned. This research aims to find out what attitudes include steps and etiquette that must be mastered before studying according to Shaykh Az-Zarnuji in the book Adabul Ta'lim Muta'allim. Shaykh Az�Zarnuji is one of the Islamic figures who provides advice and sayings written in the book Talim Muta'alim for students of knowledge so that they can benefit from the knowledge being studied. Apart from this, the author contextualizes the manners of seeking knowledge with learning materials for moral beliefs at Islamic boarding schools. This research is library research (Library Research) research focus on etiquette in seeking knowledge according to Shaykh Az-Zarnuji in the book Adabul Ta'lim Muta'allim and its contextualization with the learning material of Islamic teachings and morals in Tsanawiyah madrasas. The data sources used are primary and secondary data sources. Library data collection techniques. Then the data analysis technique uses the technique (Content Analysis) which is content analysis. This technique is also used to contextualize the adab in the book with the material. The research results show that the etiquette of seeking knowledge according to Shaykh Az-Zarnuji in the Dabul Ta'lim Muta'allim Book includes 1. knowledge and its virtues, 2. Intention in seeking knowledge, 3. Choosing knowledge, teachers, friends, and perseverance in learning, 4. Respect teachers and scholars, 5. Be sincere, diligent and aspirational, 6. Time to start studying, level of study, and sequence of lesson material, 7. Trust in Allah, 8. Study time, 9. Love and giving advice, 10. Taking lessons, 11. Wara, 12. Causes of memorizing and forgetting, 13. Fortune and age. Meanwhile, the contextualization with the learning material on moral beliefs of Tsanawiyah madrasas is in harmony with the material on moral beliefs. The results of this research show that the values of aqidah education in the form of basic values of faith are in harmony with the moral aqidah material in the chapters on Faith in Allah, Angels, the Book of Allah, Prophets and Apostles, the Last Day, Qodho' and Qodar. Meanwhile, Moral Values are in harmony with the material of the Islamic Aqidah, repentance, obedience, istiqomah and sincerity, the etiquette of prayer and dhikr, the example of Prophet Sulaiman As, the etiquette of reading the Qur'an and praying, the Qur'an and its privileges, getting used to commendable morals ( Effort, Tawakal, Patience, Gratitude and Qonaah), Praiseworthy Morals towards Yourself, Manners towards Siblings, Friends and Neighbors, Manners for Walking, Dressing, Eating and Drinking. Keywords :Adab Seeking Knowledge, Ta'lim Muta'allim, Contextualization, Moral Creeds.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Jan 2024 06:38
Last Modified: 02 Jan 2024 08:26
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31832

Actions (login required)

View Item View Item