KONSEP PENDIDIKAN ISLAM BAGI PEREMPUAN PERSPEKTIF RAHMAH EL YUNUSIYYAH DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM

REDA, BAITY JANAH (2024) KONSEP PENDIDIKAN ISLAM BAGI PEREMPUAN PERSPEKTIF RAHMAH EL YUNUSIYYAH DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL REDA BAITY JANAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Setiap orang menyadari sepenuhnya bahwa pendidikan adalah aset penting yang harus di miliki seseorang dan mempengaruhi kelangsungan hidupnya. Rahmah el Yunusiyyah adalah tokoh pendidikan perempuan yang berasal dari Sumatra Barat, yang sangat peduli terhadap pendidikan perempuan. Rahmah mendedikasikan seluruh hidupnya di dunia pendidikan dengan mendirikan Perguruan Diniyyah School yang di khususkan untuk perempuan. Rahmah el Yunusiyyah berupaya agar perempuan dapat memenuhi peran nya di dalam dunia pendidikan sekaligus membantah anggapan-anggapan negatif masyarakat yang memandang perempuan sebagai kaum lemah yang hanya dapat bergantung kepada laki-laki, kaum perempuan tidak layak memperoleh kesempatan berpendidikan sebab tugas akhirnya hanya di rumah mengurus rumah tangga, dan kaum perempuan selalu memperoleh diskriminasi dalam segala bidang. Tujuan penelitian ini adalah untuk Untuk mengetahui konsep pendidikan islam bagi perempuan menurut Rahma El Yunusiyyah dan untuk mengetahui relevansi konsep pendidikan islam perempuan bagi Rahmah El Yunusiyyah dengan pendidikan Islam saat ini. Jenis penelitian ini adalah penelitian Study Pustaka (Library Research) yaitu serangkaian kegiatan yang berkenaan dengan metode pengumpulan data pustaka, membaca, dan mencatat serta mengolah bahan penelitian. Sumber data yang di gunakan ada dua macam, yaitu sumber data primer sebagai sumber data utama, dan sumber data sekunder di gunakan sebagai sumber data pelengkap. Metode pengumpulan data yang di gunakan adalah dokumentasi. Sedangkan tehnik analisis data yang di gunakan adalah Contect Analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1). Tujuan pendidikan Islam bagi perempuan adalah untuk mengembangkan kemampuan intelektual, keterampilan, dan kepribadian yang sesuai dengan ajaran Islam. Rahmah el Yunusiyyah Menerapkan sistem pendidikan Tri Tunggal. kurikulum pendidikan yang diterapkan Kurikulum terdiri dari kelompok bidang studi agama, bahasa arab, ilmu pengetahuan; hubungan yang terjadi antara pendidik dan peserta didik dengan 3M, yaitu: Mendidik dengan keteladanan, Mendidik bukan hanya mengajar, Mendidik tanpa emansipasi. (2) Konsep pendidikan Islam bagi perempuan perspektif Rahmah El Yunusiyyah tersebut relevan dengan pendidikan perempuan di masa modern sebab dapat menjadi jawaban atas tantangan perkembangan masa modern dengan tetap mengutamakan harkat dan martabat perempuan. Kata Kunci : Rahmah El Yunusiyyah, Perempuan, Pendidikan Islam iii ABSTRACT Everyone is fully aware that education is an important asset that a person must have and affect his survival. Rahmah el Yunusiyyah is a female education figure from West Sumatra, who cares deeply about women's education. Rahmah dedicated her entire life in the world of education by establishing Perguruan Diniyyah School which was specifically for women. Rahmah el Yunusiyyah strives for women to fulfill their role in education while refuting the negative assumptions of society that view women as weak people who can only depend on men, women do not deserve educational opportunities because their final task is only at home to take care of the household, and women always face discrimination in all fields. The purpose of this study is to find out the concept of Islamic education for women according to Rahma El Yunusiyyah and to find out the relevance of the concept of women's Islamic education for Rahmah El Yunusiyyah with Islamic education today. This type of research is Library Research (Library Research), which is a series of activities related to methods of collecting library data, reading, and recording and processing research materials. There are two kinds of data sources used, namely primary data sources as the main data source, and secondary data sources used as complementary data sources. The data collection method used is documentation. While the data analysis technique used is Contect Analysis. The results showed that (1). The purpose of Islamic education for women is to develop intellectual abilities, skills, and personalities that are in accordance with Islamic teachings. Rahmah el Yunusiyyah Implementing the Tri-Unity education system. The curriculum consists of groups of religious studies, Arabic, science; the relationship that occurs between educators and students with 3M, namely: Educating by example, Educating not just teaching, Educating withoutbreast milk. (2) The concept of Islamic education for women, the perspective of Rahmah El Yunusiyyah is relevant to women's education in modern times because it can be an answer to the challenges of modern development while still prioritizing the dignity and dignity of women. Keywords: Rahmah El Yunusiyyah, Women, Islamic Education

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Jan 2024 06:32
Last Modified: 02 Jan 2024 08:22
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31831

Actions (login required)

View Item View Item