PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INSIDE OUTSIDE CIRCLE (IOC) BERBANTUAN MEDIA FLASH CARD TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MIN 5 BANDAR LAMPUNG

Amelia, Indra Arsanti (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INSIDE OUTSIDE CIRCLE (IOC) BERBANTUAN MEDIA FLASH CARD TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MIN 5 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (11MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL AMELIA INDRA ARSANTI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keaktifan belajar peserta didik, sehingga inovasi pembelajaran diperlukan untuk dapat meningkatkan keaktifan belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk melihat Pengaruh Model Pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) Berbantuan Media Flash Card Terhadap Keaktifan Belajar Peserta Didik Kelas IV pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MIN 5 Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen menggunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi seluruh kelas IV di MIN 5 Bandar Lampung, adapun jenis eksperimen yang digunakan yaitu Quasi Eksperimen dengan desain Non-Equivalent Control Group Desain, jadi penelitian ini akan menggunakan angket pretest dan posttest di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian ini dilaksanakan di MIN 5 Bandar Lampung dengan teknik pengambilan sampel yaitu dengan teknik Cluster Random Sampling. Sampel pada penelitian ini terdiri dari dua kelompok kelas diantaranya kelas eksperimen adalah kelas IV Ummu Kulsum dan kelas kontrol adalah kelas IV Siti Fatimah. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan, maka hasil penelitian berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis yang menggunakan uji-T (Paired Samples T-Test) sesuai dengan keputusan teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji T dengan taraf signifikansi 5% yakni nilai sig. (2-tailed) 5%, (0,000 0,05) hal ini menunjukkan bahwa ditolak dan diterima. Artinya terdapat pengaruh model pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) berbantuan media flash card terhadap keaktifan belajar peserta didik kelas IV mata pelajaran Akidah Akhlak di MIN 5 Bandar Lampung. Kata kunci: Model pembelajaran IOC, Media Flash Card, Keaktifan belajar, Akidah Akhlak iii ABSTRACT This research is motivated by the low learning of students so that learning innovation is needed to increase student‟s learning activity. This research aims to see the influence of the Inside Outside Circle (IOC) model assisted by Flash Card media on the active learning in class IV students in MIN 5Bandar Lampung. This research is a experimental quantitative research using a quantitative approach with a population of all IV classes, the type of experimental research is Quasi Eksperimen, Non-Equivalent Control Group Desain. So, the research will use pretest and posttest questionnaires in the experimental class and control class. This research was conducted at MIN 5 Bandar Lampung with a sampling technique, namely the cluster random sampling technique. The sample in this study consisted of two class groups, including the experimental class, class IV Ummu Kulsum and the control class, class IV Siti Fatimah. This research uses data collection techniques in the form of observation, interview, questionnaires and documentation. Based on the data analysis that has been carried out, the research results of hypothesis test calculations using the T-test (Paired Samples T-Test) in accordance with the decision of the data analysis technique used in this research, namely the T-test with a significance level of 5%, namely the sig. (2-tailed) 5%, (0,000 0,05) this shows that is rejected and is accepted. This means that there is a influence of the Inside Outside Circle (IOC) learning model assisted by flash card media on the active learning of class IV students in the subject Akidah Akhlak of at MIN 5 Bandar Lampung. Keywords: Inside Outside Circle (IOC) learning model, Flash Card media, Active learning, Akidah Akhlak

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Jan 2024 04:27
Last Modified: 02 Jan 2024 05:18
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31828

Actions (login required)

View Item View Item