TAYANGAN IKLAN YANG BERSIMBOL ISLAMI DI TELEVISI DALAM DISCOURSE ANALYSIS

AIS, RIFKA OKTAVIA (2023) TAYANGAN IKLAN YANG BERSIMBOL ISLAMI DI TELEVISI DALAM DISCOURSE ANALYSIS. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK AIS.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Iklan adalah bentuk komunikasi yang bertujuan untuk membujuk orang untuk membeli suatu produk atau jasa, atau untuk mendukung suatu ide atau gagasan. Iklan dapat diklasifikasikan berdasarkan berbagai kriteria, salah satunya adalah jenisnya. Ada tiga jenis-jenis iklan yaitu : iklan komersial, iklan layanan masyarakat dan iklan politik. Iklan komersial adalah iklan yang bertujuan untuk mempromosikan produk atau jasa dengan tujuan untuk meningkatkan penjualan atau keuntungan. Iklan komersial biasanya dibuat oleh perusahaan atau organisasi yang menjual produk atau jasa. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif sedangkan jenisnya menggunakan pendekatan representasi media dan analisis wacana Teun Van Dijk. Analisis Teun Van Dijk tidak hanya fokus pada unsur teks, tetapi juga kognisi dan konteks sosial. Analisis wacan digunakan untuk mengetahui simbol-simbol Islami pada iklan televisi SCTV. Iklan televisi yang bersimbol islami yaitu iklan: Shampo lifebuoy dan shampo Sunsilk hijab menggunakan pendekatan kualitatif yang sumber datanya di peroleh dari hasil analisis wacana terhadap tayangan iklan yang bersimbol islami di televisi. Wacana yang dibangun dalam tayangan iklan di televisi yang memiliki pengaruh besar terhadap audiens. Iklan dapat digunakan untuk menyampaikan pesan-pesan yang bersifat positif, seperti mempromosikan produk atau jasa yang bermanfaat. Iklan shampo lifebuoy dan shampo sunsilk hijab memiliki simbol Islami yang di tayangkan dalam bentuk verbal dan non verbal. Simbol verbal yaitu simbol yang menggunakan bahasa, lisan maupun tulisan, sedangkan simbol non verbal adalah simbol yang tidak menggunakan bahasa contohnya dapat berupa gambar, pakaian, wajah tersenyum dan gerakan. Kata Kunci : analisis wacana, iklan komersial, simbol verbal dan non verbal iii ABSTRACT Advertising is a form of communication that aims to persuade people to buy a product or service, or to support an idea. Advertisements can be classified based on various criteria, one of which is the type. There are three types of advertisements, namely: commercial advertisements, public service advertisements and political advertisements. Commercial advertising is advertising that aims to promote products or services with the aim of increasing sales or profits. Commercial advertisements are usually made by companies or organizations that sell products or services. This research uses a qualitative approach method while the type uses the media representation approach and Teun Van Dijk's discourse analysis. Teun Van Dijk's analysis does not only focus on text elements, but also cognition and social context. Discourse analysis is used to find out the Islamic symbols in SCTV television advertisements. Television advertisements with Islamic symbols are advertisements: Lifebuoy shampoo and Sunsilk hijab shampoo using a qualitative approach whose data sources are obtained from the results of discourse analysis of advertisements with Islamic symbols on television. The discourse built in television advertisements has a great influence on the audience. Advertising can be used to convey messages that are positive, such as promoting useful products or services. Lifebuoy shampoo and sunsilk hijab shampoo advertisements have Islamic symbols that are broadcast in verbal and non-verbal forms. Verbal symbols are symbols that use language, spoken or written, while non-verbal symbols are symbols that do not use language, for example in the form of images, clothing, smiling faces and movements. Keywords: discourse analysis, commercial advertising, verbal and non-verbal symbols

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Dec 2023 06:48
Last Modified: 28 Dec 2023 06:48
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31814

Actions (login required)

View Item View Item