IMPLEMENTASI STRATEGI STORY TELLING PADA MATA PELAJARAN SKI DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS X MA AL FATAH NATAR

ARJU, PERMANA (2023) IMPLEMENTASI STRATEGI STORY TELLING PADA MATA PELAJARAN SKI DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS X MA AL FATAH NATAR. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER - BAB 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL (1).pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK IMPLEMENTASI STRATEGI STORY TELLING PADA MATA PELAJARAN SKI DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS X MA AL FATAH NATAR Oleh: Arju Permana Email: arjupermana00@gmail.com Pendidikan merupakan kebutuhan pokok bagi manusia, karena manusia saat dilahirkan tidak mengetahui sesuatu apapun. Pendidikan merupakan sesuatu yang tidak dapat dipisahkan dari hidup dan kehidupan manusia. Bagaimanapun sederhana komunitas manusia memerlukan pendidikan. Maka dalam pengertian umum, kehidupan dan komunitas tersebut akan ditentukan oleh aktivitas pendidikan didalamnya. Sebab pendidikan secara alami sudah merupakan kebutuhan hidup manusia. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin mendorong upaya pembaharuan dalam pemanfaatan hasil-hasil teknologi dalam proses belajar mengajar. Salah satu usaha untuk meningkatkan mutu pendidikan adalah dengan memperbaiki proses belajar mengajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dan kerangka berfikir deskriptif analisis dan menggunakan teori relevansi. Alasanya adalah untuk dapat menjawab permasalahan yang telah dipaparkan di atas dan sangat membutuhkan analisa yang sangat mendalam untuk memperoleh jawaban dari apa yang telah dirumuskan dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan sumber data menggunakan tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Mengenai hasil penelitian menunjuka bahwa strategi storytelling yang digunakan dalam pembelajaran pada mata pelajaran SKI sangat berpengaruh untuk meningkatkan minat belajar para siswa. Adapun wujud implementasinya yaitu terlihat pada keaktifan suasana didalam kelas interaksi antara guru dan siswa, maupun siswa dan siswa. Para siswa tidak merasa jenuh dan bosan pada saat guru menggunakan storytelling dalam memberikan materi tersebut. Stotytelling juga berdampak baik dalam hal melatih kepercayaan diri pada saat mengemukakan pendapat. Kata kunci: Strategi Storytelling ABSTRACT IMPLEMENTASI STRATEGI STORY TELLING PADA MATA PELAJARAN SKI DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS X MA AL FATAH NATAR By: Arju Permana Email: arjupermana00@gmail.com Education is a basic need for humans, because humans at birth do not know anything. Education is something that cannot be separated from life and human life. However simple the human community requires education. So in a general sense, life and community will be determined by the educational activities within it. Because education is naturally a necessity of human life. The development of science and technology is increasingly encouraging renewal efforts in the use of technological results in the teaching and learning process. One effort to improve the quality of education is to improve the teaching and learning process. The method used in this study is a qualitative method and a descriptive analysis framework and uses the theory of relevance. The reason is to be able to answer the problems described above and really need a very in-depth analysis to get answers from what has been formulated in this study. The technique of collecting data sources uses three stages, namely data reduction, data presentation and drawing conclusions. Regarding the results of the research, it shows that the storytelling strategy used in learning in SKI subjects is very influential in increasing students' interest in learning. The form of implementation is seen in the liveliness of the atmosphere in the classroom interaction between teachers and students, as well as students and students. The students do not feel bored and bored when the teacher uses storytelling in delivering the material. Storytelling also has a good impact in terms of practicing confidence when expressing opinions. Keywords: Storytelling Strategy

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Dec 2023 06:30
Last Modified: 28 Dec 2023 06:55
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31811

Actions (login required)

View Item View Item