ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MELALUI SOAL EVALUASI TIPE HOTS (HIGHER ORDER THINGKING SKILLS) MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN KELAS X DI SMA

Izza, Rahmawati (2023) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MELALUI SOAL EVALUASI TIPE HOTS (HIGHER ORDER THINGKING SKILLS) MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN KELAS X DI SMA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI IZZA RAHMAWATI BAB 1 & 5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI IZZA RAHMAWATI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui penggunaan soal evaluasi tipe HOTS materi perubahan lingkungan yang digunakan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah. Tujuan selanjutnya yaitu untuk mengetahui hasil kemampuan pemecahan masalah peserta didik dengan menggunakan soal evaluasi tipe HOTS. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan datanya yaitu menggunakan tes, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya data-data yang telah terkumpul akan dianalisis dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan. Berdasarkan analisis data terkait kemampuan pemecahan masalah peserta didik di SMA Negeri 15 Bandar Lampung melalui soal evaluasi tipe HOTS didapatkan rata-rata indikator memahami masalah yaitu 81,3. Pada indikator merencanakan strategi mendapatkan rata-rata 54. Indikator melaksanakan strategi mendapatkan rata-rata 55,7 dan pada indikator pengecekan kembali mendapatkan rata-rata 86,2. Rata-rata keseluruhan kemampuan pemecahan masalah peserta didik di SMA Negeri 15 Bandar Lampung yaitu 69,3 dengan kategori baik. Kata Kunci : Evaluasi HOTS, Kemampuan Pemecahan Masalah, Perubahan Lingkungan iv ABSTRACT The aim of this research is to determine the use of HOTS type evaluation questions regarding environmental change material used to determine problem solving abilities. The next aim is to find out the results of students' problem solving abilities using HOTS type evaluation questions. The type of research used is qualitative research. The data collection technique uses tests, interviews and documentation. Next, the data that has been collected will be analyzed using data reduction techniques, data presentation, and drawing conclusions from the results of the research that has been carried out. Based on data analysis related to students' problem solving abilities at SMA Negeri 15 Bandar Lampung through HOTS type evaluation questions, the average indicator for understanding problems was 81.3. The indicator for planning a strategy gets an average of 54. The indicator for implementing a strategy gets an average of 55.7 and the indicator for checking again gets an average of 86.2. The overall average problem solving ability of students at SMA Negeri 15 Bandar Lampung is 69.3 in the good category. Keywords : Evaluate HOTS, Problem Solving Ability, environmental

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Dec 2023 04:29
Last Modified: 28 Dec 2023 06:14
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31807

Actions (login required)

View Item View Item