PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN ETNOMATEMATIKA SUKU LAMPUNG BERBASIS SPARKOL VIDEOSCRIBE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA

NOVRI, AYU CAHYANI (2023) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN ETNOMATEMATIKA SUKU LAMPUNG BERBASIS SPARKOL VIDEOSCRIBE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK NOVRI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK Pemahaman konsep sangat penting dalam pembelajaran matematika, sebab siswa dapat memecahkan suatu masalah dan mampu mengaplikasikan pembelajaran matematika pada dunia nyata dengan pemahaman yang matang. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D), dengan model pengembangan Borg and Gall. Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan video pembelajaran matematika dengan pendekatan etnomatematika suku lampung berbasis sparkol videoscribe yang valid dan layak, menarik, serta efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa. Subjek dari penelitian pengembangan ini adalah siswa kelas VII SMP Darul Istiqomah Mataram Baru, Kec. Mataram Baru, Kab. Lampung Timur. Teknik analisis data yang digunakan yakni analisis data validasi ahli media dan ahli materi, analisis data respon siswa, dan uji N-Gain. Hasil uji kelayakaan dan kevalidan dari validaator media mendapatkan rata�rata nilai 3,52 dengan kriteria “layak” dan rata- rata nilai kelayakan dari validator materi 3,75 dengan kriteria "layak”. Uji kemenarikan pada uji skala kecil mendapat rata-rata nilai 3,73 dengan kriteria “sangat menarik” dan pada uji skala besar mendapat rata- rata nilai 3,78 dengan kriteria “sangat menarik”. Selanjutnya, untuk penilaian efektivitas dari produk yang dikembangkan dengan menggunakan N�gain pada kelas eksperimen mendapatkan rata- rata nilai sebesar 0,58 dengan kategori sedang dan cukup efektif untuk digunakan. Berdasarkan penjelasan tersebut maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan video pembelajaran matematika dengan pendekatan etnomatematika suku lampung berbasis sparkol videoscribe cukup efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa. Kata Kunci : Video Pembelajaran Matematika, Pendekatan Etnomatematika, Suku Lampung, Sparkol Videoscribe, Pemahaman Konsep Matematis. iii ABSTRACT Understanding concepts is very important in learning mathematics, because students can solve problems and are able to apply mathematics learning to the real world with a mature understanding. This type of research is development research (R&D), with the Borg and Gall development model. The aim of this development research is to produce mathematics learning videos using a Lampung tribal ethnomathematics approach based on Sparkol Videoscribe that are valid and feasible, interesting and effective for increasing students' understanding of mathematical concepts. The subjects of this development research were class VII students at Darul Istiqomah Middle School, Mataram Baru, Kec. New Mataram, Kab. East Lampung. The data analysis techniques used are media expert and material expert validation data analysis, student response data analysis, and the N-Gain test. The results of the feasibility and validity tests from the media validators got an average score of 3.52 with the "feasible" criteria and the average feasibility score from the material validators was 3.75 with the "feasible" criteria. The attractiveness test on the small scale test got an average score 3.73 with the criteria "very interesting" and in the large scale test the average score was 3.78 with the criteria "very interesting". Furthermore, for assessing the effectiveness of products developed using N-gain in the experimental class the average was The value is 0.58 in the medium category and is quite effective for use. Based on this explanation, it can be concluded that using mathematics learning videos with the Lampung ethnic ethnomathematics approach based on Sparkol Videoscribe is quite effective in increasing students' understanding of mathematical concepts. Keywords: Mathematics Learning Videos, Ethnomathematics Approach, Lampung Tribe, Sparkol Videoscribe, Understanding Mathematical Concepts.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Dec 2023 03:36
Last Modified: 28 Dec 2023 04:04
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31801

Actions (login required)

View Item View Item