UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAK IT AZ ZAHRA KECAMATAN JATI AGUNG LAMPUNG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Lestari, Rahayu Sri (2017) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAK IT AZ ZAHRA KECAMATAN JATI AGUNG LAMPUNG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, IAIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi_Rahayu_Sri_L.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Sebagai anak didik pada usia 3 – 6 tahun, anak mulai patuh terhadap tuntutan atau aturan orang tua dan lingkungan sosialnya. berpakaian rapih, merapihkan kembali mainan yang sudah digunakan, mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, menyimpan sepatu pada rak sepatu, membuang sampah pada tempatnya. Sebagaimana di TK IT Az Zahra kecamatan Jati Agung Lampung Selatan, kebiasaan menggunakan waktu yang produktif oleh anak didik dilihat masih kurang, kurang patuh terhadap atauran sekolah, seperti tidak dapat merapihkan kembali mainan setelah dipakai, tidak tertib dalam mencuci tangan, ketika mengambil sepatu di rak sepatu tidak rapih, tidak membiasakan mengantri, oleh sebab itu perlu upaya - upaya guru untuk meminimalisir kurangnya sikap disiplin peserta didik, dengan demikian sehingga penulis merumuskan judul bagaimana upaya guru dalam meningkatkan disiplin anak usia dini di TK IT Az Zahra Kecamatan Jati Agung Lampung Selatan Tahun pelajaran 2016/2017 Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana upaya guru dalam meningkatkan disiplin anak usia dini di Taman Kanak –Kanak IT Az Zahra Jati Agung Lampung Selatan, adapun metode yang digunakan pendekatan diskriptif kualitatif pendekatan studi kasus dengan subjek Primer meliputi guru dan anak dan subjek sekunder meliputi kepala sekolah dan wali murid TK IT Az Zahra Kecamatan Jati Agung Lampung Selatan, Cara pengumpulan data yang penulis gunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, kemudian untuk menganalisa hasil penelitaian ppenulis melakukan penarikan kesimpulan dengan cara berfikir induktif. Dengan menggunakan analisis tersebut maka peneliti mengemukakan hasil penelitian bahwa meningkatkan disiplin anak usia dini di TK pada umumnya bernilai cukup. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan sebelumnya, maka peneliti dapat simpulkan bahwa sebagai guru dalam meningkatkan disiplin anak mempunyai target atau insiatif bahwa adanya peningkatan disiplin anak melalui upaya guru diharapkan dapat meningkatkan disiplin anak sesuai dengan adanya 7 indikator yang akan dikembangkan. Melalui berbagai metode dan upaya tersebut di diharapkan menjadi perantara dalam meningkatkan disiplin anak usia dini sehingga pendidikan yang diberikan kepada anak bias lebihb optimal Kata Kunci : Upaya Guru, Disiplin anak Usia dini

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects:
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: HAMID FAHMI FAHMI
Date Deposited: 08 Mar 2017 07:45
Last Modified: 08 Mar 2017 07:45
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/318

Actions (login required)

View Item View Item