PELAKSANAAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENGURANGI KECANDUAN GAME ONLINE PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 1BANDAR SRIBHAWONO LAMPUNG TIMUR

Irene, Nurhayati (2023) PELAKSANAAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENGURANGI KECANDUAN GAME ONLINE PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 1BANDAR SRIBHAWONO LAMPUNG TIMUR. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI IRENE NURHAYATI BAB 1 & 5.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI IRENE NURHAYATI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini untuk mendeskripsikan bagaimana Pelaksanaan Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Self Management untuk mengurangi kecanduan game online Peserta Didik Di SMP Negeri 1 Bandar Sribhawono. Permasalahan pada penelitian ini terkait dengan mengurangi kecanduan game online pada peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana proses perencanaan layanan konseling kelompok dengan teknik self management untuk mengurangi kecanduan game online peserta didik dan bagaimana tahapan pelaksanaan layanan konseling kelompok dengan teknik self management untuk mengurangi kecanduan game online pada peserta didik kelas XI SMP Negeri 1 Bandar Sribhawono. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan desain penelitian studi kasus. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Data primerdiperoleh langsung dari responden mengenai pelaksanaan layanan konseling kelompok dengan teknik self management untuk mengurangi kecanduan game online pada peserta didik kelas XI SMP Negeri 1 Bandar Sribhawono, sedangkan data sekunder berupa dokumen-dokumen dari responden. Semua data tersebut merupakan bahan-bahan untuk mendeskripsikan konseling kelompok dengan teknik self management untuk mengiurangi kecanduan game online peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan bahwa: 1) Proses perencanaan konseling kelompok dengan teknik self management untuk mengurangi kecanduan game online peserta didik yang dilakukan oleh guru bimbingan dan konseling yaitu melakukan pengamatan permasalahan peserta didik, melakukan studi lapangan, wawancara, observasi, dan menyiapkan sarana dan prasaranan serta RPL (Rencana Pelaksanaan Layanan) konseling kelompok. 2) Tahap-tahap pelaksanaanlayanan konseling kelompok dengan teknik self management untuk mengurangi kecanduan game online peserta didik yang dilakukan guru bimbingan dan konseling yaitu tahap pembentukan, tahap peralihan, tahap inti dan tahap pengakhiran. Konseling kelompok dapat terlaksana dengan baik dan terdapat perubahanpada peserta didik terlihat dari keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran di kelas dan buku catatan kasus yang tidak lagi menunjukan hal- hal yang menggangu aktivitas belajar seperti mengobrol dengan teman, bermain gadget didalam kelas dan tidur saat proses belajar. Berdasarkan tahapan layanan konseling kelompok dengan teknik self management menunjukkan bahwa adanya peningkatan dalam belajar pada peserta didik. Jadi dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan layanan konseling kelompok dengan teknik self management untuk mengurangi kecanduan game online peserta didik di SMP Negeri 1 Bandar Sribhawono sudah ada perubahan dan peningkatan. Kata kunci: Layanan Konseling Kelompok, Teknik Self Management, Mengurangi Kecanduan Game online iv ABSTRACT This research is to describe how to implement group counseling services using self-management techniques to reduce students' online game addiction at SMP Negeri 1 Bandar Sribhawono. The problem in this research is related to reducing online game addiction in students. The aim of this research is to find out and analyze the process of planning group counseling services using self-management techniques to reduce students' online game addiction and what are the stages of implementing group counseling services using self-management techniques to reduce online game addiction in class XI students at SMP Negeri 1 Bandar Sribhawono This research uses qualitative research with a case study research design. This research uses interview, observation and documentation data collection techniques. Primary data was obtained directly from respondents regarding the implementation of group counseling services using self-management techniques to reduce online game addiction in class XI students at SMP Negeri 1 Bandar Sribhawono, while secondary data was in the form of documents from respondents. All of this data is material for describing group counseling with self-management techniques to reduce students' online game addiction. Based on the results of research that has been carried out, it is clear that: 1) The process of planning group counseling using self-management techniques to reduce students' online game addiction is carried out by guidance and counseling teachers, namely observing students' problems, conducting field studies, interviews, observations, and preparing facilities. and infrastructure and group counseling RPL (Service Implementation Plan). 2) The stages of implementing group counseling services using self-management techniques to reduce students' online game addiction carried out by guidance and counseling teachers, namely the formation stage, transition stage, core stage and ending stage. Group counseling can be carried out well and there are changes in students seen from students' activeness in the learning process in class and case notebooks which no longer show things that interfere with learning activities such as chatting with friends, playing with gadgets in class and sleeping during the process. Study. Based on the stages of group counseling services with self-management techniques, it shows that there is an increase in learning for students. So it can be concluded that the implementation of group counseling services with self-management techniques to reduce students' online game addiction at SMP Negeri 1 Bandar Sribhawono has seen changes and improvements. Keywords: Group Counseling Services, Self Management Techniques, Reducing Online Game Addiction

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Dec 2023 02:56
Last Modified: 28 Dec 2023 04:40
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31796

Actions (login required)

View Item View Item