LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF CONTROL UNTUK MENGURANGI PERILAKU MEROKOK SISWA DI SMK AMAL BAKTI JATIMULYO JATI AGUNG LAMPUNG SELATAN

DIANA, MERTA NINGTYAS (2023) LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF CONTROL UNTUK MENGURANGI PERILAKU MEROKOK SISWA DI SMK AMAL BAKTI JATIMULYO JATI AGUNG LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI DIANA MERTA NINGTYAS.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Merokok merupakan salah satu masalah kesehatan karena tingkat penggunaanya masih tinggi di Indonesia dan merokok sangat rentan terjadi pada usia remaja. Perilaku merokok ini terjadi pada siswa di SMK Amal Bakti Jatimulyo yang mana pada saat ini banyak siswa yang melakukan perilaku merokok. Pada pelaksanaan bimbingan kelompok pada siswa SMK Amal Bakti memiliki peran penting dalam mengurangi perilaku merokok pada siswa. Namun pada kenyataannya, setelah diberikan bimbingan kelompok masih terlihat beberapa siswa melakukan perilaku merokok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan bimbingan kelompok dengan teknik self control untuk mengurangi perilaku merokok pada siswa di SMK Amal Bakti Jatimulyo. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Penelitian ini memiliki 15 partisipan yaitu 1 wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, 2 guru bimbingan dan konseling, 6 orang siswa yang terlibat dalam perilaku merokok dan telah mengikuti bimbingan kelompok dan 6 orang tua siswa yang mengikuti bimbingan kelompok. Metode pengumpulan data yang penulis gunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa bimbingan kelompok dengan teknik self control untuk mengurangi perilaku merokok siswa terdiri dari 4 tahapan yaitu: 1) tahap pembentukan, 2) tahap peralihan, 3) tahap kegiatan, dan 4) tahap pengakhiran dan evaluasi. Adapun tahapan dalam teknik self control yaitu pemantauan diri, reinforcement yang positif (self reward), Pengukuhan diri (self contracting), penguasaan terhadap rangsangan (stimulus control). Hasil penelitian ini menyatakan bahwa bimbingan kelompok dengan teknik self control untuk mengurangi perilaku merokok siswa telah dilaksanakan dengan baik dan terjadi pengurangan perilaku merokok siswa meski belum secara maksimal dikarenakan ada tahapan yang tidak dilakukan. Dengan saran dari peneliti bagi pihak sekolah hendaknya mampu memberikan waktu khusus kepada guru BK agar dapat melaksanakan proses bimbingan dan konseling dalam membantu menyelesaikan masalah siswa, bagi guru BK hendaknya proses layanan bimbingan dan konseling harus sering dilakukan tidak hanya ketika siswa memiliki masalah saja tetapi rutin melaksanakan bimbingan di dalam kelas setiap minggunya, bagi peserta didik diharapkan dapat menjadi siswa yang lebih baik lagi mampu meninggalkan perilaku-perilaku yang dapat merugikan dirinya sendiri, bagi peneliti selanjutnya diharapkan aka nada penelitian dengan judul yang sama yang lebih baik dan mampu menyempurnakan penelitian ini. Kata kunci : Bimbingan kelompok, self control, perilaku merokok, konseling. ABSTRACT Smoking is a health problem because the level of use is still high in Indonesia and smoking is very susceptible to occurring in teenagers. This smoking behavior occurs among students at SMK Amal Bakti, where currently many students are engaging in smoking behavior. In implementing group guidance for students at SMK Amal Bakti, it has an important role in reducing smoking behavior among students. However, in reality, after being given group guidance, some students were still seen engaging in smoking behavior. This research aims to determine the implementation of group guidance using self�control techniques to reduce smoking behavior among students at SMK Amal Bakti Jatimulyo. This type of research is qualitative. This study had 15 participants, namely 1 deputy principal for student affairs, 2 guidance and counseling teachers, 6 students who were involved in smoking behavior and had participated in group guidance and 6 parents of students who had participated in group guidance. The data collection methods that the author uses are interviews, observation and documentation. The results of this research show that group guidance using self�control techniques to reduce students' smoking behavior consists of 4 stages, namely: 1) formation stage 2) transition stage 3) activity stage 4) termination and evaluation stage. The stages in the self-control technique are self-monitoring, positive reinforcement (self-reward), self-affirmation (self-contracting), mastery of stimuli (stimulus control). The results of this research state that group guidance using self-control techniques to reduce students' smoking behavior has been implemented well and there has been a reduction in students' smoking behavior, although not optimally because there are steps that were not carried out. With suggestions from researchers, schools should be able to provide special time to guidance and counseling teachers so they can carry out the guidance and counseling process to help solve student problems. For guidance and counseling teachers, the guidance and counseling service process should be carried out frequently, not only when students have problems, but routinely carry it out. guidance in class every week, it is hoped that students will become better students who are able to abandon behaviors that can harm themselves, for future researchers it is hoped that there will be a better research tone with the same title and be able to perfect this research. Keywords: Group guidance, self control, smoking behavior, counseling.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Dec 2023 02:36
Last Modified: 28 Dec 2023 02:36
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31794

Actions (login required)

View Item View Item