ANALISIS KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA LAMPUNG PADA PELAJARAN BAHASA LAMPUNG KELAS 5 SDN 01 KOTABUMI TENGAH

Dama, Mahendra Kunang (2023) ANALISIS KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA LAMPUNG PADA PELAJARAN BAHASA LAMPUNG KELAS 5 SDN 01 KOTABUMI TENGAH. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI DAMA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Berbicara termasuk aktivitas kehidupan manusia normal yang begitu penting, sebab dalam berbicara kita bisa melakukan komunikasi dengan manusia, menyampaikan ide, gagasan, pesan, maupun lainnya. Salah satunya, keterampilan berbicara bahasa daerah Lampung, yakni Bahasa Lampung. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan kemampuan siswa dalam keterampilan berbicara Bahasa Lampung pada pembelajaran Bahasa Lampung di kelas V SDN 1 Kotabumi Tengah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dan menggunakan pendekatan studi kasus. Sumber data dalam penelitian ini berupa sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selain itu langkah-langkah dalam menganalisis data menggunakan model Miles and Huberman, yakni reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan/verifikasi. Selanjutnya pengecekan keabsahan menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) pada ketepatan vokal, siswa belum mengerti ejaan serta penggunaan Bahasa Lampung yang baik dan berbahasa yang sopan ketika berbicara, (2) pada intonasi suara, diketahui saat berbicara bahasa lampung siswa belum menggunakan intonasi yang sesuai, (3) pada ketepatan ucapan, diketahui ketika berbicara bahasa lampung dengan guru, siswa belum mampu menggunakan kata dan kalimat berbahasa lampung, (4) pada urutan kata, diketahui saat siswa berbicara sudah tepat dalam urutan kata, namun pengulangan kata akibat siswa salah berbicara dan mengalami kebingungan, (5) dan pada kelancaran, diketahui ketika menjawab pertanyaan ataupun bertanya, siswa masih tersendat-sendat, kalimat yang disampaikan juga tidak sempurna. Kata Kunci: Analisis Kemampuan Siswa, Keterampilan Berbicara, dan Pembelajaran Bahasa Lampung iv ABSTRACT Speaking includes normal human life activities that are so important, because in speaking we can communicate with people, convey ideas, ideas, messages, and others. One of them is the ability to speak Lampung regional languages, namely Lampung language. However, in reality, students have difficulty in learning activities at school, especially in Lampung language lessons. The purpose of this study was to determine and describe the ability of students in Lampung language speaking skills in Lampung language learning in Class V SDN 1 Kotabumi Tengah. This study uses qualitative research methods that are descriptive and use a case study approach. Data sources in this study are primary data sources and secondary data sources. Data collection techniques using observation, interviews, and documentation. In addition, the steps in analyzing the data using the Miles and Huberman model, namely data reduction, data presentation, and conclusion/verification. Furthermore, validity checking using source triangulation. The results of this study indicate that: (1) on vocal accuracy, students do not understand the spelling and use of good Lampung language and polite language when speaking, (2) on voice intonation, it is known that when speaking lampung language students have not used the appropriate intonation, (3) on speech accuracy, it is known that when speaking lampung language with teachers, students have not been able to use words and sentences in lampung language, (4) on word order, it is known that when students speak it is right in word order, but repetition of words due to students speaking incorrectly and experiencing confusion, (5) and in fluency, it is known that when answering questions or asking questions, students are still stuttering, the sentences conveyed are also not perfect. Keywords: analysis of students ' ability, speaking skills, and Lampung language learning

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Dec 2023 07:36
Last Modified: 27 Dec 2023 08:56
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31790

Actions (login required)

View Item View Item