TINJAUAN FIQH SIYASAH TERHADAP PERAN PEMERINTAH DESA DALAM MELAKSANAKAN PERATURAN DAERAH KABUPATEN LAMPUNG SELATAN NO. 2 TAHUN 2015 TENTANG PENGELOLAAN SAMPAH (Studi di Desa Sidosari Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan)

RIZKY, LANI RAHMAN (2023) TINJAUAN FIQH SIYASAH TERHADAP PERAN PEMERINTAH DESA DALAM MELAKSANAKAN PERATURAN DAERAH KABUPATEN LAMPUNG SELATAN NO. 2 TAHUN 2015 TENTANG PENGELOLAAN SAMPAH (Studi di Desa Sidosari Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI (COVER - BAB I - II & DAPUS).pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Sampah merupakan masalah yang hingga kini masih menjadi masalah yang serius di Indonesia. Contohnya di desa Sidosari Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan, antara peraturan dan pelaksanaannya di lapangan tidak sesuai, karena apa yang diatur oleh Peraturan Daerah tidak dilaksanakan oleh masyarakat dan tidak difasilitasi oleh pemerintah daerah, dalam hal ini terkait dengan pembuangan sampah sebagaimana yang telah diataur dalam peraturan daerah Kabupaten Lampung Selatan Nomor 2 Tahun 2015 tentang pengelolaan sampah belum optimal, dilihat dari masyarakat yang masih membuang sampah ke sungai, di sepanjang jalan, dan dikebun yang bisa merusak lingkungan. Bagaimana peran pemerintah Desa dalam Pelaksanaan Perda Kabupaten Lampung Selatan No. 2 Tahun 2015 Tentang Pengelolaan Sampah di Desa Sidosari Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan, bagaimana tinjauan fiqh siyasah terhadap peran pemerintah Desa dalam Pelaksanaan Perda Kabupaten Lampung Selatan No. 2 Tahun 2015 Tentang Pengelolaan Sampah di Desa Sidosari Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research) dengan data yang bersumber dari hasil wawancara, cek lokasi serta buku-buku, peraturan perundang-undangan dan lampiran berbentuk dokumen untuk dianalisis dengan analisis kualitatif menggunakan metode yang bersifat deskriptif analisis. Penelitian ini menunjukan bahwa Peran Pemerintah Desa Sidosari dalam pelaksanaan Perda Kabupaten Lampung Selatan No. 2 Tahun 2015 Tentang Pengelolaan Sampah, sudah dilaksanakan melalui kerjasama dengan dinas kebersihan dan membentuk satuan organisasi lingkungan hidup (SOKLI) dengan menyediakan tempat penampungan sampah sementara atau bak sampah di setiap rumah, membentuk komunitas peduli sungai (KPS) yang mempunyai visi misi menjaaga sungai dari pencemaran sampah rumah tangga mereka juga kerap mengadakan kegiatan bersih sungai setiap bulan sekali, dan Pemerintah Desa Sidosari juga telah mensosialisasikan melalui kepala dusun untuk mengajak warganya membersihkan lingkungan sekitar seperti jalan desa dari sampah-sampah yang ada agar tidak menimbulkan bau busuk..Tinjauan fiqh siyasah terhadap pelaksanaan Perda Kabupaten Lampung Selatan No. 2 Tahun 2015 Tentang Pengelolaan Sampah di Desa Sidosari sudah sesuai dengan syariat Islam karna pemerintah desa Sidosari (ulil amri) sudah melakukan berbagai upaya dalam menjaga dan mengelola sampah yang terdapat di Desa Sidosari sebagai bentuk pelaksanaan amanat daripada Perda Kabupaten Lampung Selatan No. 2 Tahun 2015 Tentang Pengelolaan Sampah Kata kunci : Peran Pemerintah Desa, Pengelolaan Sampah, Pelaksanaan, Fiqh Siyasah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Dec 2023 03:22
Last Modified: 27 Dec 2023 03:22
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31786

Actions (login required)

View Item View Item