PANDANGAN HUKUM ISLAM ATAS JUAL BELI MINUMAN GELAS PLASTIK (Studi Pada Penjual Minuman di Kelurahan Langkapura Bandar Lampung)

RIZKA, NANDA FAUZI (2023) PANDANGAN HUKUM ISLAM ATAS JUAL BELI MINUMAN GELAS PLASTIK (Studi Pada Penjual Minuman di Kelurahan Langkapura Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of Skripsi RIZKA NANDA FAUZI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Banyak penjual minuman kemasan berbahan plastik yang menyajikan minuman kemasannya. Namun, baik itu penjual minuman kemasan berbahan plastik itu, maupun masyarakat sekitar dan konsumen pada umumnya, belum mengetahui bagaimana kandungan yang terdapat dalam kemasan minuman tersebut apakah mengandung zat - zat tertentu atau tidak. Hal inilah yang kemudian menimbulkan pertanyaan berkenaan aspek kemudharatan maupun aspek perlindungan konsumen terkait kemasan minuman berbahan dasar plastik tersebut. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka dilakukan penelitian yang berjudul ―Pandangan Hukum Islam Atas Jual Beli Minuman Gelas Plastik (Studi Pada Penjual Minuman Di Kelurahan Langkapura Bandar Lampung)‖. Adapun tujuan diadakannya penelitian ini adalah sebagai berikut (1) Untuk mengetahui praktik penggunaan gelas plastik pada jual beli minuman di Kelurahan Langkapura. (2) Untuk mengetahui pandangan hukum Islam terhadap praktik penggunaan gelas plastik pada jual beli minuman di Kelurahan Langkapura. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research), dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis atas hasil observasi dan wawancara kemudian dipresentasikan dan diinterpretasikan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Praktik penggunaan gelas plastik pada jual beli minuman di Kelurahan Langkapura yaitu untuk wadah pembungkus minuman panas seperti untuk minuman panas seperti Thaitea, Hot Coffee, dan minuman panas lainnya. Penggunaan wadah plastik tersebut berpotensi merusak kesehatan konsumen karena di dalam pembuatan kemasan gelas plastik terdapat campuran zat kimia yang bisa berpindah ke dalam minuman dan dikonsumsi oleh tubuh. Pandangan hukum Islam terhadap praktik penggunaan gelas plastik pada jual beli minuman di Kelurahan Langkapura tidak sesuai dengan hukum Islam karena tidak mengandung unsur keamanan dan keselamatan bagi konsumen. Kata kunci : Hukum Islam, Jual Beli, Minuman Gelas Plastik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Dec 2023 08:28
Last Modified: 22 Dec 2023 08:28
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31782

Actions (login required)

View Item View Item