BIMBINGAN KELOMPOK DALAM UPAYA MENINGKATKAN AKHLAK SISWA DI MTS AL�HIKMAH WAY HALIM BANDAR LAMPUNG

DWI, RACHMAN APRYAN SACHPUTRA (2023) BIMBINGAN KELOMPOK DALAM UPAYA MENINGKATKAN AKHLAK SISWA DI MTS AL�HIKMAH WAY HALIM BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB I DAN V.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SIAP CETAK DWI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)

Abstract

ABSTRAK Akhlak siswa menjadi sesuatu yang didambakan oleh setiap orang dalam proses pendidikan, sebab akhlak memiliki fungsi menjadikan perilaku manusia menjadi lebih beradab serta mampu mengidentifikasi berbagai persolan kehidupan, baik atau buruk menurut norma yang berlaku. Melalui pendidikan akhlak, seseorang akan dapat mengetahui mana yang benar kemudian dianggap baik, dan mana yang buruk. Sebab, Kehidupan ini tidak akan bisa lari dari dinamika perubahan pribadi dan sosial. Oleh karena itu, seiring berkembangnya zaman dan teknologi, pendidikan akhlak memiliki posisi yang strategis dalam pengendalian prilaku manusia.. Maka dari itu, perlu adannya pembinaan akhlak siswa di sekolah menjadi sangat penting dalam usaha pencegahan efek negatif dari perkembangan zaman. Bagaimana pelaksanaan bimbingan kelompok dalam upaya meningkatkan akhlak siswa di Mts Al-Hikmah Way Halim Bandar Lampung? Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengungkapkan pelaksanaan bimbingan kelompok dalam upaya meningkatkan akhlak siswa Di MTs Al-Hikmah Way Halim Bandar Lampung. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini berjumlah 7 orang, yang terdiri dari 5 siswa dari 180 siswa kelas VIII, 1 guru BK dan 1 guru wali kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis data Miles dan Huberman, yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan bimbingan kelompok dalam upaya meningkatkan akhlak siswa di Mts Al-Hikmah telah dilaksanakan melalui empat tahap, yaitu: 1) Tahap pembentukan, yaitu membentuk kelompok dengan jumlah 5 orang, pengenalan anggota kelompok, serta penjelasan maksud dan tujuan kegiatan. 2) Tahap peralihan, yaitu tahapan yang diisi dengan kegiatan ice beraking berupa tebak-tebakan untuk mencairkan suasana. 3) Tahap kegiatan, yaitu tahap inti pada bimbingan kelompok disini menggunakan teknik diskusi kelompok dengan metode ceramah dan tanya jawab. 5) Tahap pengakhiran, yaitu penutup kegiatan yang di dalamnya mencakup kegiatan evaluasi, pengungkapan pesan dan harapan, dan tindak lanjut (follow up). Kesimpulan dari penelitian ini adalah pelaksanaan bimbingan kelompok dalam upaya meningkatkan akhlak siswa telah berhasil dilakukan dan mendapat efek yang positif. Kata Kunci: Bimbingan Kelompok, Akhlak Siswa. ABSTRACT Student morals are something that everyone desires in the education process, because morals have the function of making human behavior more civilized and being able to identify various life problems, good or bad according to applicable norms. Through moral education, a person will be able to know what is right and what is considered good, and what is bad. Because, this life cannot escape the dynamics of personal and social change. Therefore, as time and technology develop, moral education has a strategic position in controlling human behavior. Therefore, the need to develop students' morals in schools is very important in efforts to prevent the negative effects of current developments. How is group guidance implemented in an effort to improve student morals at Mts Al-Hikmah Way Halim Bandar Lampung? The aim of this research is to reveal the implementation of group guidance in an effort to improve student morals at MTs Al-Hikmah Way Halim Bandar Lampung. This type of research is field research which is descriptive qualitative in nature. The data sources in this research were 7 people, consisting of 5 class out of 180 students VIII students, 1 guidance counselor and 1 homeroom teacher. The data collection techniques used were interviews, observation and documentation. The data analysis technique used is the Miles and Huberman data analysis model, which consists of data reduction, data presentation and drawing conclusions. The results of this research show that the implementation of group guidance in an effort to improve student morals at Mts Al�Hikmah has been implemented through four stages, namely: 1) Formation stage, namely forming a group of 5 people, introducing group members, as well as explaining the aims and objectives of the activity. 2) Transition stage, namely the stage filled with ice breaking activities in the form of guessing to lighten the atmosphere. 3) The activity stage, namely the core stage of group guidance here uses group discussion techniques with lecture and question and answer methods. 5) The closing stage, namely the closing of activities which includes evaluation activities, expressing messages and expectations, and follow-up. The conclusion of this research is that the implementation of group guidance in an effort to improve student morals has been successful and has had a positive effect. Keywords: Group Guidance, Student Morals.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Dec 2023 08:21
Last Modified: 22 Dec 2023 08:21
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31781

Actions (login required)

View Item View Item