KONSELING INDIVIDU DENGAN TEKNIK RESTRUCTURING COGNITIVE UNTUK MENINGKATKAN HARGA DIRI KORBAN PINJAMAN ONLINE DI RUMAH SAKIT JIWA PROVINSI LAMPUNG

RIDHO, SHOHIBULLWAFA (2023) KONSELING INDIVIDU DENGAN TEKNIK RESTRUCTURING COGNITIVE UNTUK MENINGKATKAN HARGA DIRI KORBAN PINJAMAN ONLINE DI RUMAH SAKIT JIWA PROVINSI LAMPUNG. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB I DAN V.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK RIDHO.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan penurunan harga diri yang dialami korban pinjaman online di Rumah Sakit Jiwa Provinsi Lampung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses dan hasil akhir Konseling Individu dengan Teknik Restructuring Cognitive untuk Meningkatkan Harga Diri Korban Pinjaman Online di Rumah Sakit Jiwa Provinsi Lampung. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi lapangan (field research), dimana studi penelitian yang mengumpulkan data lapangan dan metode kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah korban pinjaman online dan Dokter Spesialis Kejiwaan sebagai Konselor di Rumah Sakit Jiwa Provinsi Lampung. Teknik pengambilan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, dengan teknik analisis data reduction (reduksi data) penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasilnya penulis menemukan bahwa konseling individu dengan teknik restructuring cognitive efektif untuk meningkatkan harga diri korban pinjaman online di Rumah Sakit Jiwa Provinsi Lampung. Adapun indikator keberhasilan penelitian ini yaitu bagaimana kondisi akhir pasien. Kini pasien dapat mengkontrol masalah kejiwaan yang dihadapinya, dan tidak menunjukkan gejala harga diri rendah kembali. Pasien juga sudah menemukan penyelesaian terhadap permasalahannya, dan berkomitmen untuk tidak mengulanginya lagi. Kata Kunci: Konsseling Individu, Restructuring Cognitive, Harga Diri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Dec 2023 08:08
Last Modified: 22 Dec 2023 08:08
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31778

Actions (login required)

View Item View Item