IMPLEMENTASI PASAL 04 PERATURAN DAERAH NOMOR 02 TAHUN 2017 KABUPATEN LAMPUNG UTARA TENTANG PENGELOLAAN SAMPAH DI STADION SUKUNG KOTABUMIPERSPEKTIF FIQH SIYASAH TANFIDZIYYAH (Studi Pada Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lampung Utara)

LISMAWATI, SARBINI (2023) IMPLEMENTASI PASAL 04 PERATURAN DAERAH NOMOR 02 TAHUN 2017 KABUPATEN LAMPUNG UTARA TENTANG PENGELOLAAN SAMPAH DI STADION SUKUNG KOTABUMIPERSPEKTIF FIQH SIYASAH TANFIDZIYYAH (Studi Pada Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lampung Utara). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI (COVER - BAB I - II & DAPUS).pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Pada dasarnya manusia menginginkan lingkungan yang nyaman dan tentram, kenyamanan dan ketentraman tersebut dapat di rasakan apabila manusia patuh terhadap peraturan yang ada. Karena dasarnya peraturan peraturan tersebut diciptakan untuk menjamin kenyaman dan ketentraman setiap masyarakat. Namun bagaimana halnya dengan Peraturan Daerah Kabupaten Lampung Utara yang diduga belum terlaksananya kenyamanan dan ketentraman pada mayarakat daerah sekitar stadion kotabumi kabupaten lampung utara seperti pada Peraturan Daerah Kabupaten Lampung Utara Nomor 02 tahun 2017 tentang pengelolaan sampah. Dalam hal ini sangat mengganggu ketentraman dan kenyamanan pada masyarakat yang berkunjung di pusat gedung olah raga tersebut. Dari sedikit uraian diatas, ada beberapa permasalahan yang memerlukan pembahasan lebih lanjut, yaitu Bagaimana Implementasi Pasal 04 Peraturan Daerah Kabupaten Lampung Utara Nomor 02 Tahun 2017 terhadap tugas dan wewenang dalam pelaksanaan pengelolaan sampah di Stadion Sukung Kotabumi Kabupaten Lampung Utara, Bagaimana tinjauan Fiqh Siyāsah terhadap Peraturan Daerah Nomor 02 Tahun 2017 tentang pelaksanaan pengelolaan sampah di Stadion Sukung Kotabumi Kabupaten Lampung Utara . Jenis penelitian ini adalah penelitian Lapangan (field Research), Adapun sifat Penelitian ini bersifat deskriptif, penelitian deskriptif adalah penelitian yang berusaha menjelaskan atau menggambarkan situasi gejala atau peristiwa yang terjadi tentang bagaimana pengelolaan sampah di Stadion Sukung Kotabumi apakah sudah sesuai dengan Perda Kabupaten Lampung Utara Nomor 02 tahun 2017. Penelitian ini bersumber dari data primer yang diperoleh melalui obeservasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan data sekunder diperoleh melalui Al-Qur’an, peraturan perundang�undangan, buku, jurnal, dan hal penunjang lainnuya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Peraturan Daerah Kabupaten Lampung Utara Nomor 02 Tahun 2017 tentang pengelolaan sampah di Stadion Sukung Kotabumi tidak berjalan secara maksimal, karena banyak faktor yang mempengaruhi seperti sarana dan prasarana yang belum tersedia, kurangnya anggaran untuk masalah pengelolaan sampah, kurangnya sosialisasi dari pemerintah kepada masyarakat sehingga peraturan tersebut tidak berjalan dengan maksimal. Dalam pandangan Fiqh Siyāsah pelaksanaan Peraturan Daerah Nomor 02 Tahun 2017 tentang Pengelolaan Sampah belom sesuai dengan syariat islam dikarenakan pemerintah daerah atau Khalifah masih belum menjalankan amanahnya sebagai seorang Khalifah . dan juga karna tidak bejalannnya perda ini mnegakibatkan Kemudharatan dari perbuatan membuang sampah secara sembarangan dan mengganggu Kemashalahatan Bersama.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Dec 2023 07:55
Last Modified: 22 Dec 2023 07:55
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31776

Actions (login required)

View Item View Item