TINJAUAN FIQIH SIYASAH TENTANG PERAN PERANGKAT DESA DALAM RANGKA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA SEMULI RAYA KECAMATAN ABUNG SEMULI LAMPUNG UTARA

Muhammad, Hamidi (2023) TINJAUAN FIQIH SIYASAH TENTANG PERAN PERANGKAT DESA DALAM RANGKA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA SEMULI RAYA KECAMATAN ABUNG SEMULI LAMPUNG UTARA. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of bab 1.5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of skripsi hamidi.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Perangkat Desa merupakan unsur penyelenggara kegiatan pemerintah Desa, yang merupakan unsur penting dalam peningkatan kelancaran penyelenggaraan pemerintah, pembangunan, pembinaan kemasyarakatan dan pemberdayaaan masyarakat desa. Perangkat desa sebagai pelaksana tugas pemerintahan harus bisa melaksanakan tugas pemerintahan desa dengan baik demi terciptanya kesejahteraan Sumberdaya Masyarakat di desa. Dalam penelitian ini dirumuskan permasalahan diantaranya, bagimana Peran perangkat Desa dalam pemberdayaan masyarakat Desa Semuli Raya Kecamatan Abung Semuli Kabupaten Lampung Utara, bagimana Tinjauan Fiqih Siyasah terhadap Peran perangkat desa dalam pemberdayaan masyarakat Desa Semuli Raya Kecamatan Abung Semuli Kabupaten Lampung Utara. Adapun tujuan dari penelitian Ini Untuk mengetahui dengan jelas bagaimana tugas pokok dan fungsi perangkat Desa dalam pemberdayaan masyarakat Desa Semuli Raya Kecamatan Abung Semuli Kabupaten Lampung Utara dan Untuk mengetahui tugas pokok dan fungsi perangkat desa dalam pemberdayaan masyarakat Desa Semuli Raya Kecamatan Abung Semuli Kabupaten Lampung Utara perspektif Fiqih Siyasah. Jenis penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research) penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, dan dokumentasi, penelitian ini dilakukan untuk melihal hal – hal yang berkaitan dengan masalah yang di teliti yakni peran perangkat desa dalam rangka Pemberdayaan masyarakat desa. Dimana penelitian ini dilaksanakan di Desa Semuli Raya Kecamatan Abung Semuli Lampung Utara. Hasil penelitian yang dapat disimpulkan bahwa perangkat Desa Semuli Raya sudah berperan sepenuhnya terhadap Pemberdayaan di Desa Semuli Raya, berkat bersatunya seluruh elemen masyarakat serta komunikasi lembaga-lembaga terkait desa Semuli Raya sudah menjalin hubungan dengan baik meskipun ada sedikit kendala di masyarakat yang kurang peka terhadap lingkungan,dalam hal ini perangkat Desa sudah berperan sesuai dengan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa. Sedangkan ditinjau melalui sudut pandang fiqih siyasah terkait pemerintahan Desa Semuli Raya terhadap pemberdayaan sudah memenuhi ciri-ciri kepemimpinan dan bisa dikatakan sudah sesuai konsep fiqih siyasah tanfidziyyah dimana pemimpin sudah melaksanakan peraturan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah pusat. Kata Kunci : Peran perangkat Desa , Fiqh siyasah, pemberdayaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Dec 2023 07:48
Last Modified: 22 Dec 2023 07:48
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31774

Actions (login required)

View Item View Item