PENGARUH STRATEGI STUDENT TEAM HEROIC LEADERSHIP (STHL) DALAM MEREDUKSI MISKONSEPSI MATEMATIS DAN BEBAN KOGNITIF SISWA SMP

HIJA, AMALIA (2023) PENGARUH STRATEGI STUDENT TEAM HEROIC LEADERSHIP (STHL) DALAM MEREDUKSI MISKONSEPSI MATEMATIS DAN BEBAN KOGNITIF SISWA SMP. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER, BAB 1, BAB2, DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI AMALIA 1.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Miskonsepsi (Salah Konsep) yaitu suatu konsep yang tidak sesuai dengan pemahaman ilmia atau pemahaman yang diterima para ahli di bidangnya. Beban kognitif ialah terkait dengan konsep memori kerja dan mengacu pada keterbatasan sistem memori kerja kita. Hasil penelitian miskonsepsi dan beban kognitif siswa di kelas VIII SMP Negeri 06 OKU menunjukan bahwa terdapat siswa yang tidak mencapai KKM. Hal ini disebabkan karena siswa kurang memperhatikan guru saat pembelajaran dan siswa kesulitan dalam menyelesaikan soal. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran STHL dalam mereduksi miskonsepsi matematis dan beban kognitif siswa smp. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experimen Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 06 Ogan Komering Ulu. Sampel yang digunakan sebanyak dua kelas yang dipilih secara acak menggunakan cluster random sampling yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan VIIIC sebagai kelas control. Pengujian hipotesis menggunakan Multivariate Analysis of Varians (MANOVA) dengan taraf signifikasih 5%. Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis yang telah dilakukan dapat ditarik kesimpulan bahwa (1) Terdapat pengaruh Strategi Student Team heroic Leadership dalam Mereduksi Miskonsepsi matematis. (2) Terdapat pengaruh Strategi Student Team heroic Leadership terhadap beban kognitif siswa. (3) Terdapat pengaruh Strategi Student Team heroic Leadership dalam Meredusi Miskonsepsi matematis dan beban kognitif siswa. Kata kunci : Student Team Heroic Leadership, Miskonsepsi Matematis, beban Kognitif Siswa. iv ABSTRACT A misconception is a concept that is not in accordance with scientific understanding or the understanding accepted by experts in the field. Cognitive load is related to the concept of working memory and refers to the limitations of our working memory system. The results of research on students' misconceptions and cognitive load in class VIII of SMP Negeri 06 OKU show that there are students who do not reach the KKM. This is because students pay less attention to the teacher when learning and students have difficulty solving questions. Therefore, this research aims to determine the effect of STHL learning strategies in reducing mathematical misconceptions and cognitive load in junior high school students. This research is a quasi-experimental research. The population in this research is class VIII students at SMP Negeri 06 Ogan Komering Ulu. The samples used were two classes selected randomly using cluster random sampling, namely class VIII A as the experimental class and VIIIC as the control class. Hypothesis testing uses Multivariate Analysis of Variance (MANOVA) with a significance level of 5%. Based on the results of data analysis and hypothesis testing that has been carried out, it can be concluded that (1) There is an influence of the Student Team Heroic Leadership Strategy in reducing mathematical misconceptions. (2) There is an influence of the Student Team Heroic Leadership Strategy on students' cognitive load. (3) There is an influence of the Student Team Heroic Leadership Strategy in reducing mathematical misconceptions and students' cognitive load Keywords : Student Team Heroic leadership, Mathematical Misconceptions, Student Cognitive Load.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Dec 2023 07:40
Last Modified: 22 Dec 2023 09:32
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31772

Actions (login required)

View Item View Item