PERAN GURU AL-QURAN HADIST DALAM MEMOTIVASI BACA DAN TULIS AL-QUR’AN SISWA KELAS X MA UNWANUL KUPANG REJO PESAWARAN

BENNY, CHATIB (2023) PERAN GURU AL-QURAN HADIST DALAM MEMOTIVASI BACA DAN TULIS AL-QUR’AN SISWA KELAS X MA UNWANUL KUPANG REJO PESAWARAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL BENNY CHATIB.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi adanya tuntutan peran guru Pendidikan Agama Islam terutama guru Alquran Hadis yang harus meningkatkan motivasi agar kemampuan baca dan tulis Al-qu‟ran peserta didik lebih meningkat. Dengan menciptakan motivasi dalam pembelajaran, idealnya pembelajaran akan berlangsung lebih menarik dan tujuan pembelajaran akan lebih maksimal. Fokus penelitian ini adalah 1) MA Unwanul Falah Kupang rejo Pesawaran, 2) Peran guru Alquran Hadis sebagai motivator dalam meningkatkan kemampuan baca dan tulis Alqur‟an 3) Untuk mengetahui peran guru sebagai motivator dalam motivasi intrinsic dan ekstrinsik baca dan tulis Al-Qur‟an Siswa Kelas X MA Unwanul Falah Kupang Rejo Pesawaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Peran guru Alquran Hadis dalam meningkatkan motivasi baca tulis Alquran siswa kelas X di MA Unwanul Falah. Untuk penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data diperoleh dari informan utama dan sekunder. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah penyusunan data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan peran guru sebagai motivator dalam meningkatkan motivasi baca tulis Al-Qur‟an pada siswa kelas X di MA Unwanul Falah yaitu memberikan motivasi kepada sisa agar belajar baca tulis Al-Quran dengan sungguh-sungguh. Upaa yang dilakukan guru yaitu membangkitkan minat siswa menciptakan suasana ya nyaman dan menyenangkan serta memberikan dorongan atau nasehat kepada peserta didik agar belajar bersungguh – sungguh, mengajak siswa untuk selalu membaca Alquran, memberikan pemahaman tentang pentingnya membaca Alquran. Selain itu, guru Alquran hadis juga menggunakan metode ceramah, berdiskusi dalam menyimak bacaan dan hafalan Alquran siswa, melakukan shalat dhuha bersama – sama peserta didik dan juga guru, setelah itu mendengarkan tausiyah yang disampaikan oleh guru. Hal tersebut dilakukan guru untuk mendorong siswa agar tetap semangat dalam belajar membaca Alquran, Peran guru Alquran hadis sebagai mediator dengan menggunakan media papan tulis, alat tulis menulis, Alquran, buku LKS atau modul. Penggunaan media harus melalui pemilihan dengan prinsip – prinsip tertentu yang harus dipenuhi, agar pemilihan media dapat berjalan dengan baik, karena pemilihan media sangat mempengaruhi sikap siswa dalam mengikuti pembelajaran. Kata Kunci : Peran Guru Alquran Hadis, Motivasi Baca Tulis Al Qur’an iii ABSTRACT This research is motivated by the demands of the role of Islamic Religious Education teachers, especially Al-Quran Hadith teachers, who must increase motivation so that students' ability to read and write the Al-Quran improves. By creating motivation in learning, ideally learning will be more interesting and learning objectives will be maximized. The focus of this research is 1) MA Unwanul Falah Kupang Rejo Pesawaran, 2) The role of Al-Quran Hadith teachers as motivators in improving the ability to read and write the Al-Qur'an 3) To determine the role of teachers as motivators in intrinsic and extrinsic motivation to read and write the Al�Qur'an a Class X Student at MA Unwanul Falah Kupang Rejo Pesawaran. The formulation of the problem in this research is what is the role of the Al-Quran Hadith teacher in increasing the motivation to read and write the Al-Quran for class X students at MA Unwanul Falah. For this research, the author used a qualitative approach with descriptive methods. The data collection techniques used were observation, interviews and documentation. Data sources were obtained from primary and secondary informants. The analysis used in this research is data preparation, data presentation and conclusions. The results of this research show the role of teachers as motivators in increasing motivation to read and write the Al-Qur'an in class X students at MA Unwanul Falah, namely providing motivation to the remaining students to learn to read and write the Al-Quran seriously. The efforts made by the teacher are to arouse students' interest, create a comfortable and enjoyable atmosphere and provide encouragement or advice to students to study seriously, invite students to always read the Koran, provide an understanding of the importance of reading the Koran. Apart from that, the Al-Quran hadith teacher also uses the lecture method, discussing listening to the students' reading and memorizing the Koran, performing Dhuha prayers together with the students and the teacher, after that listening to the tausiyah delivered by the teacher. This is done by the teacher to encourage students to remain enthusiastic in learning to read the Koran. The role of the Al-Quran hadith teacher is as a mediator by using whiteboards, stationery, the Koran, worksheet books or modules. The use of media must be through selection with certain principles that must be fulfilled, so that media selection can run well, because media selection greatly influences students' attitudes in participating in learning. Keywords: Role of Al-Quran Hadith Teacher, Motivation to Read and Write Al-Qur'an

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Dec 2023 03:52
Last Modified: 22 Dec 2023 04:00
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31761

Actions (login required)

View Item View Item