IMPLEMENTASI PENYALURAN BANTUAN LANGSUNG TUNAI DANA DESA DI KAMPUNG MULYO AJI KECAMATAN MERAKSA AJI KABUPATEN TULANG BAWANG PERSPEKTIF FIQH SIYĀSAH

TRI, ANDINI (2023) IMPLEMENTASI PENYALURAN BANTUAN LANGSUNG TUNAI DANA DESA DI KAMPUNG MULYO AJI KECAMATAN MERAKSA AJI KABUPATEN TULANG BAWANG PERSPEKTIF FIQH SIYĀSAH. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK TRI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Bantuan Langsung Tunai Dana Desa merupakan pemberian uang tunai kepada keluarga miskin atau keluarga penerima manfaat di desa yang bersumber dari dana desa. Dan BLT-Dana Desa merupakan jaring pengaman sosial untuk memulihkan ekonomi masyarakat yang terdampak akibat pandemi Covid-19 sehingga mengakibatkan angka kemiskinan yang semakin meningkat. Pandemi Covid-19 berdampak pada aspek sosial, ekonomi, dan keuangan. Dampak pada ekonomi ini juga dialami di kampung Mulyo Aji berupa menurunnya harga jual hasil kebun yang menyebabkan berkurangnya pendapatan, sehingga masyarakat yang miskin tidak mampu memenuhi kebutuhan dalam kehidupan sehari-hari. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa di kampung Mulyo Aji kecamatan Meraksa Aji kabupaten Tulang Bawang dan bagaimana penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa di kampung Mulyo Aji kecamtan Meraksa Aji kabupaten Tulang Bawang perspektif Fiqh Siyāsah. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Reseach) dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sumber data dalam penelitian ini yaitu data primer dan sekunder. Sedangkan analisis yang digunakan adalah analsis kualitatif dan penarikan kesimpulan secara induktif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Pelaksanaan BLT Dana Desa di kampung Mulyo Aji di era pandemi covid-19 belum terlaksana dengan maksimal, di mana masih banyak masyarakat yang memenuhi kriteria mendapatkan bantuan namun tidak mendapat bantuan dan kurang partisipasinya masyarakat terhadap informasi yang diberikan pemerintah kampung sehingga masih banyak masyarakat tidak mengetahui dan mengerti mengenai BLT Dana Desa. Implementasi penyaluran bantuan langsung tunai dana desa di kampung Mulyo Aji kecamatan Meraksa Aji kabupaten Tulang Bawang perspektif fiqh siyāsah belum berjalan dengan baik dan belum sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung di dalam fiqh siyāsah yaitu belum menerapkan prinsip keadilan dan kemaslahatan. Di mana pemerintah kampung dalam menyalurkan bantuan belum tepat sasaran, karena masyarakat yang memenuhi kriteria penerima bantuan tidak mendapatkan bantuan tersebut. Sehingga pemerintah kampung Mulyo Aji belum menjalankan tugasnya sesuai dengan tujuan syariat Islam. Kata kunci :Bantuan Langsung Tunai (BLT), Fiqh Siyāsah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Dec 2023 03:42
Last Modified: 22 Dec 2023 03:42
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31758

Actions (login required)

View Item View Item