MODEL KEPEMIMPINAN KEPALA DESA PEREMPUAN DI DESA SABUK EMPAT KECAMATAN ABUNG KUNANG LAMPUNG UTARA PERSPEKTIF FIQH SIYASAH (Studi di Desa Sabuk Empat Kecamatan Abung Kunang Lampung Utara)

ROSALIA, PUTRI (2024) MODEL KEPEMIMPINAN KEPALA DESA PEREMPUAN DI DESA SABUK EMPAT KECAMATAN ABUNG KUNANG LAMPUNG UTARA PERSPEKTIF FIQH SIYASAH (Studi di Desa Sabuk Empat Kecamatan Abung Kunang Lampung Utara). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of Skripsi Rosa Cetak (Baru).pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Kepala Desa adalah pemimpin atau kepala pemerintah desa yang dipilih langsung oleh penduduk desa untuk betanggung jawab dalam bidang pembangunan, kemasyarakatan, dan pemerintahan. Kepemimpinan kepala desa sangatlah berpengaruh terhadap maju mundurnya dan berkembang atau tidak berkembangnya suatu pembangunan desa yang dapat dilihat dari gaya kepemimpinan kepala desa tersebut. Kepemimpinan diartikan sebagai kemampuan seseorang dalam mempengaruhi orang lain terlepas dari apakah ia seorang laki- laki ataupun perempuan, dan Desa sabuk empat merupakan salah satu desa yang berada di Kecamatan Abung Kunang Kabupaten Lampung Utara yang dipimpin oleh seorang kepala desa perempuan yang dimana kepemimpinannya sudah cukup baik sebagai kepala desa perempuan pertama di Desa Sabuk Empat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana model kepemimpinan kepala desa perempuan di Desa Sabuk Empat Kecamatan Abung Kunang Lampung Utara dan bagaimana perspektif fiqh siyasah terhadap model kepemimpinan kepala desa perempuan di Desa Sabuk Empat Kecamatan Abung Kunang Lampung Utara. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Reseach), sifat penelitian adalah kualitatif yang deskriptif analisis yaitu penelitian yang menguraikan data bersumber dari data primer dan data sekunder.Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa. Model Kepemimpinan Kepala Desa Perempuan di Desa Sabuk Empat Kecamatan Abung Kunang Lampung Utara menggunakan model kepemimpinan demokratis dimana kepala desa sudah cukup baik dalam memimpin desa, kepala desa mampu melaksanakan kegiatan dan mengarahkan masyarakat atau memberi alternatif-alternatif untuk mengefesienkan dan mengaktifkan kegiatan yang akan di lakukan. Selain itu kepala desa Sabuk Empat dalam mengambil keputusan selalu musyawarah kepada aparatur desa dan masyarakat. Dan Analisis Fiqh Siyasah Terhadap Model Kepemimpinan Kepala Desa Perempuan di Desa Sabuk Empat Kecamatan Abung Kunang Lampung Utara sudah sesuai dengan tujuan syari’at Islam, karena kepala desa sudah menerapkan prinsip keadilan yang sesuai dengan prinsip siyasah dusturiyyah dimana dalam memberikan bantuan sudah tepat sasaran kepada masyarakat yang tidak mampu. Kata Kunci : Model Kepemimpinan, Kepala Desa Perempuan, Fiqh Siyasah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Dec 2023 03:37
Last Modified: 24 Jan 2024 05:36
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31756

Actions (login required)

View Item View Item