LAYANAN BIMBINGAN KARIR UNTUK MENUMBUHKAN JIWA ENTREPRENEURSHIP PADA PESERTA DIDIK DI SMAN 1 KETAPANG LAMPUNG SELATAN

AVI, BESTIVA (2023) LAYANAN BIMBINGAN KARIR UNTUK MENUMBUHKAN JIWA ENTREPRENEURSHIP PADA PESERTA DIDIK DI SMAN 1 KETAPANG LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (7MB)
[thumbnail of Skripsi AVI_BESTIVA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Banyak siswa yang memiliki jiwa entrepreneur yang rendah dalam dirinya dan hal tersebut membuat para siswa merasa kebingungan, kesulitan serta ketakutan dalam menentukan keterampilan yang dimilikinya. Selain itu juga pola pikir dari siswa yang saat ini menginjak bangku SMA masih cenderung labil dalam menentukan jenjang pendidikan yang akan ditempuh selanjutnya atau karir yang akan dipilihnya nanti terutama siswa kelas XII SMA. Dikarenakan mereka cenderung belum terlalu memikirkan masa depan mereka. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui proses layanan bimbingan karir untuk menumbuhkan jiwa enterpreneurship pada peserta didik di SMAN 1 Ketapang Lampung Selatan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis deskriptif kualitati. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah 2 guru bimbingan dan konseling, 1 waka kesiswaan, dan 4 siswa kelas XII yang menerima layanan bimbingan karir. Temuan penelitian menunjukkan bahwa proses bimbingan karir di SMA Negeri 1 Ketapang Lampung Selatan dilakukan dalam beberapa tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Kemudian bimbingan kariri dilaksanakan dalam bentuk bimbingan klasikal dan bimbingan kelompok dengan cara memberikan bantuan pengarahan dan keterampilan�keterampilan yang dilaksanakan satu minggu sekali setiap kelasnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa cara pelaksanaan bimbingan karir dalam menumbuhkan jiwa entrepreneurship di SMA Negeri 1 Ketapang adalah analisis pelaksanaan bimbingan karir yang meliputi 1). Mengidentifikasi permasalahan siswa kelas XII mengenai karir, 2). Menghadapi permasalahan, 3). Emosional System. Kedua, pengaruh bimbingan karir yaitu siswa kelas XII sudah memiliki fikiran yang terbuka terkait dirinya akan kemana setelah lulus dari sekolah. Ketiga, evaluasi yaitu adanya beberapa faktor pendorong dan juga faktor penghambat yang terjadi selama penelitian berlangsung. Keempat, analisis hasil pelaksanaan bimbingan karir yaitu bahwa pembelajaran bimbingan karir pada diri baik secara sikap dan perilaku dapat dinilai cukup memberikan hasil yang baik. Kata Kunci : Bimbingan Karir, Entrepreneurship, Siswa. ABSTRAK Banyak siswa yang memiliki jiwa entrepreneur yang rendah dalam dirinya dan hal tersebut membuat para siswa merasa kebingungan, kesulitan serta ketakutan dalam menentukan keterampilan yang dimilikinya. Selain itu juga pola pikir dari siswa yang saat ini menginjak bangku SMA masih cenderung labil dalam menentukan jenjang pendidikan yang akan ditempuh selanjutnya atau karir yang akan dipilihnya nanti terutama siswa kelas XII SMA. Dikarenakan mereka cenderung belum terlalu memikirkan masa depan mereka. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui proses layanan bimbingan karir untuk menumbuhkan jiwa enterpreneurship pada peserta didik di SMAN 1 Ketapang Lampung Selatan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis deskriptif kualitati. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah 2 guru bimbingan dan konseling, 1 waka kesiswaan, dan 4 siswa kelas XII yang menerima layanan bimbingan karir. Temuan penelitian menunjukkan bahwa proses bimbingan karir di SMA Negeri 1 Ketapang Lampung Selatan dilakukan dalam beberapa tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Kemudian bimbingan kariri dilaksanakan dalam bentuk bimbingan klasikal dan bimbingan kelompok dengan cara memberikan bantuan pengarahan dan keterampilan�keterampilan yang dilaksanakan satu minggu sekali setiap kelasnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa cara pelaksanaan bimbingan karir dalam menumbuhkan jiwa entrepreneurship di SMA Negeri 1 Ketapang adalah analisis pelaksanaan bimbingan karir yang meliputi 1). Mengidentifikasi permasalahan siswa kelas XII mengenai karir, 2). Menghadapi permasalahan, 3). Emosional System. Kedua, pengaruh bimbingan karir yaitu siswa kelas XII sudah memiliki fikiran yang terbuka terkait dirinya akan kemana setelah lulus dari sekolah. Ketiga, evaluasi yaitu adanya beberapa faktor pendorong dan juga faktor penghambat yang terjadi selama penelitian berlangsung. Keempat, analisis hasil pelaksanaan bimbingan karir yaitu bahwa pembelajaran bimbingan karir pada diri baik secara sikap dan perilaku dapat dinilai cukup memberikan hasil yang baik. Kata Kunci : Bimbingan Karir, Entrepreneurship, Siswa. ABSTRACT Many students have a low entrepreneurial spirit and this makes students feel confused, difficult and afraid in determining the skills they have. Apart from that, the mindset of students who are currently in high school still tends to be unstable in determining the level of education they will take next or the career they will choose later, especially class XII high school students. Because they tend not to think too much about their future. The aim of this research is to determine the process of career guidance services to foster an entrepreneurial spirit in students at SMAN 1 Ketapang, South Lampung. This research uses a qualitative method with a qualitative descriptive type. Data collection was carried out using interviews, observation and documentation methods. Primary data sources in this study were 2 guidance and counseling teachers, 1 head of student affairs, and 4 class XII students who received career guidance services. Research findings show that the career guidance process at SMA Negeri 1 Ketapang, South Lampung is carried out in several stages, namely planning, implementation and evaluation. Then career guidance is carried out in the form of classical guidance and group guidance by providing guidance and skills assistance which is carried out once a week for each class. The results of this research indicate that the way to implement career guidance in fostering an entrepreneurial spirit at SMA Negeri 1 Ketapang is an analysis of the implementation of career guidance which includes 1). Identifying class XII students' problems regarding careers, 2). Facing problems, 3). Emotional System. Second, the influence of career guidance means that class XII students already have an open mind regarding where they will go after graduating from school. Third, evaluation, namely the existence of several driving factors and also inhibiting factors that occurred during the research. Fourth, analysis of the results of implementing career guidance, namely that learning career guidance for oneself both in attitude and behavior can be considered to provide good results. Keywords: career guidance, entrepreneurship, sudents.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Dec 2023 03:09
Last Modified: 22 Dec 2023 03:09
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31752

Actions (login required)

View Item View Item