KRITERIA MEMILIH CALON ISTRI PRAJURIT TENTARA NASIONAL INDONESIA ANGKATAN DARAT PERSPEKTIF HUKUM ISLAM DAN SURAT KEPUTUSAN ANGKATAN DARAT NOMOR KEP / 496 / VII / 2015 (Studi di Korem 043/Garuda Hitam Bandar Lampung)

FITRI, RAHMA DHANI (2023) KRITERIA MEMILIH CALON ISTRI PRAJURIT TENTARA NASIONAL INDONESIA ANGKATAN DARAT PERSPEKTIF HUKUM ISLAM DAN SURAT KEPUTUSAN ANGKATAN DARAT NOMOR KEP / 496 / VII / 2015 (Studi di Korem 043/Garuda Hitam Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (7MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL FITRI RAHMA DHANI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Dalam Surat Keputusan Angkatan Darat Nomor Kep/496/VII/2015 tentang Petunjuk Teknis tentang Tata Cara Perkawinan, Perceraian Dan Rujuk Bagi Prajurit. Aturan ini merupakan aturan khusus untuk para prajurit TNI yang ingin melaksanakan pernikahan yang mempunyai beberapa ketentuan khusus didalamnya yang harus di patuhi dan dilaksanakan. Jika calon istri prajurit berasal dari warga sipil maka calon istrinya harus mempunyai kriteria khusus yang berdasarkan dengan ketentuan Surat Keputusan Angkatan Darat Nomor Kep/496/VII/2015 tentang Petunjuk Teknis tentang Tata Cara Perkawinan, Perceraian Dan Rujuk Bagi Prajurit yaitu terdapat dalam syarat pada surat bentuk sampul D. Surat ini diperlukan untuk mencari tahu apakah calon istri atau calon mertua pernah mengikuti gerakan atau organisasi yang melanggar NKRI. Rumusan masalah 1. Apakah kriteria calon istri yang dipilih oleh para prajurit Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat Korem 043/Garuda Hitam sesuai dengan Surat Keputusan Angkatan Darat Nomor Kep/496/VII/2015? 2. Bagaimana Perspektif Hukum Islam mengenai kriteria calon istri prajurit Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat Korem 043/Garuda Hitam yang sesuai dengan Surat Keputusan Angkatan Darat Nomor Kep/496/VII/2015? Tujuan dari penulisan skripsi ini ialah untuk mengetahui kriteria yang akan dipilih oleh para prajurit dalam mencari calon istri yang sesuai dengan Surat Keputusan Angkatan Darat Nomor Kep/496/VII/2015 dan agama Islam. pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan metode lapangan (field research), yaitu lokasi penelitian di Korem 043/Garuda Hitam Bandar Lampung. Dengan menggunakan sumber data primer dan sekunder. Kemudian untuk teknik pengumpulan data dilakukan wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini: 1. Dalam memilih calon istri prajurit Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat khususnya di Korem 043/Garuda Hitam Bandar Lampung kriteria wanita yang dipilih untuk dijadikan istrinya tidak jauh berbeda dari kriteria yang sesuai dengan agama Islam namun tetap berdasarkan dengan Surat Keputusan Angkatan Darat Nomor Kep/496/VII/2015 yang berlaku. 2. Dalam hukum Islam memilih calon istri berdasarkan hadist Rasulullah Saw yaitu berdasarkan nasab, kekayaan, kecantikan, serta agama kemudian dalam Surat Keputusan Angkatan Darat Nomor Kep/496/VII/2015 terdapat melampirkan beberapa persyarat atau aturan yang harus dilengkapi dan diikuti, maka muncul pula kriteria khusus dari calon istri prajurit tersebut yakni lampiran persyaratan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) kemudian adanya tes ideologi kebangsaan/Pancasila, serta pembinaan mental (Bintal) sedangkan di masyaraka sipil tidak ada lampiran seperti itu. Kata Kunci: Kriteria, Pernikahan, Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Divisions: Fakultas Syariah > Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Dec 2023 03:03
Last Modified: 22 Dec 2023 03:03
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31751

Actions (login required)

View Item View Item