IMPLEMENTASI MANAJEMEN PEMBELAJARAN DI MTs DARUL HUDA BANDAR LAMPUNG

PUTRI, GITA (2023) IMPLEMENTASI MANAJEMEN PEMBELAJARAN DI MTs DARUL HUDA BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI PUTRI GITA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Pembelajaran efektif adalah proses pembelajaran yang berhasil, atau yang mencapai tujuan. Manajemen pembelajaran mempunyai peranan yang sangat penting untuk mencapai pembelajaran efektif. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui Implementasi Manajemen pembelajaran MTs Darul Huda Bandar Lampung yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Metode penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif dimana teknik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data peneitian ini diperoleh melalui langkah�langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perencanaan pembelajaran di MTs Darul Huda Bandar Lampung sudah terlaksana dengan baik, hal ini dikarenakan perencanaan pembelajaran berupa RPP, Silabus dan perangkat perencanaan pembelajaran yang lainnya sudah tersedia. Dalam Pelaksanaan Pembelajaran pada kegiatan pendahuluan tenaga pendidik melaksanakannya dengan baik, tenaga pendidik menyiapkan peserta didik dengan salam sapa, berdoa bersama dan membahas pelajaran sebelumnya ketika memulai pembelajaran. Kegiatan inti untuk mata pelajaran sudah terlaksana dengan baik, hal ini di lihat dari hasil wawancara dengan peserta didik dan hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti meyebutkan bahwa kegiatan belajar mengajar sudah sesuai dengan indikator yang digunapak peneliti sehingga hal tersebut menjadikan kegiatan pembelajaran menjadi efektif dan efisien. Dalam kegiatan penutup sudah terlaksana dengan baik. Guru memberikan rangkuman atau kesimpulan, umpan balik serta memberikan tugas yang tujuannya memberikan pengayaan dan pendalaman. Dan untuk evaluasi atau penilaian hasil pembelajaran sudah terlaksana dengan baik, penilaian yang dilakukan sudah memenuhi indikator manajemen pembelajaran dari teori rusman. Kata Kunci: Implementasi Manajemen Pembelajaran. iii ABSTRACT Effective learning is a learning process that succeeds, or that achieves a goal. Learning management has a very important role to achieve effective learning. The purpose of this study is to determine the Implementation of MTs Darul Huda Bandar Lampung learning management which includes the stages of planning, implementing, and evaluating learning. This research is a qualitative descriptive research where data collection techniques are through observation, interviews, and documentation. Data analysis of this research through data reduction steps, data presentation, and conclusions. While the validity test of the data is carried out by triangulation techniques. The results showed that learning planning at MTs Darul Huda Bandar Lampung has been carried out well, this is because learning planning in the form of lesson plans, syllabi and other learning planning tools are available. In the Implementation of Learning in the preliminary activity, educators carry it out well, educators prepare students with greetings, praying together and discussing previous lessons when starting learning. Core activities for subjects have been carried out well, this is seen from the results of interviews with students and observations made by researchers mention that teaching and learning activities are in accordance with the indicators used by researchers so that it makes learning activities effective and efficient. In the closing activity has been carried out well. The teacher provides summaries or conclusions, feedback and provides assignments whose purpose is to provide enrichment and deepening. And for the evaluation or assessment of learning outcomes has been carried out well, the assessment carried out has met the learning management indicators of Rusman theory. Keywords: Implementation of Learning Management.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Dec 2023 07:03
Last Modified: 21 Dec 2023 07:31
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31743

Actions (login required)

View Item View Item