PENGARUH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP AKHLAK PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN 16 BANDAR LAMPUNG

NABILA, AUMI (2023) PENGARUH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP AKHLAK PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN 16 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI NABILA AUMI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP AKHLAK PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN 16 BANDAR LAMPUNG Oleh : Nabila Aumi Pendidikan Agama Islam sangatlah berpengaruh terhadap proses pembentukan akhlak peserta didik di sekolah. Tujuan peneliti melakukan penelitian ini ialah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Pendidikan agama islam terhadap akhlak peserta didik. Pendidikan Agama Islam harus mencakup dua hal yaitu : 1) mendidik siswa untuk berprilaku sesuai dengan nilai-nilai atau akhlak islam, 2) mendidik siswa untuk ,engerti materi agama islam. Kegiatan pembelajaran Pendidikan Agama Islam diarahkan untuk meningkatkan keyakinan, pemahaman, penghayatan, dan pengamalan ajaran agama Islam dari peserta didik, yang disamping untuk membentuk kesalehan-kesalehan atau kualitas pribadi, juga sekaligus untuk membentuk kesalehan sosial. Dalam penelitian ini terdapat dua jenis variabel yakni variabel dependen (X) yaitu Pendidikan agama islam (Y) yaitu Akhlak Peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dan data yang digunakan ialah data primer yang diperoleh melalui menyebar angket pada objek penelitian. Kemudian data sekunder yang diperoleh melalui studi kepustakaan. Kemudian jenis penelitian ini ialah penelitian lapangan. Sampel yang diambil berjumlah 99 responden. Analisis data penelitian menggunakan Mr Exel dan teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan yang telah dilakukan peneliti, maka peneliti mengambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari Pendidikan Agama Islam Terhadap Akhlak peserta didik kelas VIII di SMPN 16 Bandar Lampung. Besarnya pengaruh Pendidikan Agama Islam Terhadap Akhlak Peserta Didik dibuktikan dengan nilai sebesar 0,073 (7,3%) , sedangkan sisanya sebesar 92,7% dipengaruhi oleh aspek atau variabel lain. Maka, hipotesis penelitian H0 ditolak dan diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh Pendidikan Agama Islam Terhadap Akhlak peserta didik kelas VIII di SMPN 16 Bandar Lampung dan berpengaruh secara signifikan Kata Kunci: Pendidikan Agama Islam, Akhlak, Peserta Didik iii ABSTRACT THE EFFECT OF ISLAMIC RELIGIOUS EDUCATION ON THE CLASS VIII STUDENTS' MORALS AT SMPN 16 BANDAR LAMPUNG Islamic religious education is very influential on the process of moral formation of students in schools. The purpose of this research is to find out how much influence Islamic religious education has on the morals of students. Islamic religious education must include two things, namely: 1) educating students to behave in accordance with Islamic values or morals, 2) educating students to understand Islamic religious material. Islamic Religious Education learning activities are directed at increasing students' beliefs, understanding, appreciation, and practice of Islamic teachings, which in addition to forming piety or personal qualities, are also at the same time forming social piety. In this study, there are two types of variables, namely the dependent variable (X), namely Islamic religious education (Y), namely the morals of students. This research is a quantitative research, and the data used are primary data obtained through distributing questionnaires to the research object. Then secondary data obtained through literature study. Then this type of research is field research. The sample taken amounted to 99 respondents. Analysis of research data using Mr. Exel and data analysis techniques using simple linear regression analysis. Based on the results of data analysis and discussion that have been carried out by researchers, the researchers concluded that there was a significant influence of Islamic Religious Education on the Morals of Grade VIII students at SMPN 16 Bandar Lampung. The magnitude of the influence of Islamic Religious Education on Student Morals is evidenced by a value of 0.073 (7.3%), while the remaining 92.7% is influenced by other aspects or variables. So, the research hypothesis H0 is rejected and Ha is accepted. Thus it can be concluded that there is an influence of Islamic Religious Education on the Morals of Grade VIII students at SMPN 16 Bandar Lampung and has a significant effect Keywords: Islamic Religious Education, Morals, Students

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Dec 2023 04:02
Last Modified: 21 Dec 2023 05:30
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31730

Actions (login required)

View Item View Item