PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA SEKOLAH DASAR DITINJAU DARI SEGI PSIKOLOGI ANAK MENURUT JEAN PIAGET

Ukhti, Fadhila Rohike (2023) PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA SEKOLAH DASAR DITINJAU DARI SEGI PSIKOLOGI ANAK MENURUT JEAN PIAGET. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi tentang Jean Piaget tokoh dari teori perkembangan bahasa yang berpendapat bahwa perkembangan bahasa anak usia sekolah dasar berkaitan dengan perkembangan berfikir, yang berarti faktor kecerdasan sangat berpengaruh terhadap perkembangan kemampuan berbahasa anak. Lingkungan dapat mempengaruhi perkembangan bahasa karena bahasa pada umumnya hasil belajar dari lingkungan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana perkembangan dan tahapan perkembangan bahasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan bahasa anak usia sekolah dasar dan tahapan perkembangan bahasa anak usia sekolah dasar ditinjau dari segi psikologi menurut Jean Piaget. Penelitian dalam skripsi ini termasuk penelitian kepustakaan (Library Research) yang menggunakan literatur atau kepustakaan baik berupa buku, catatan maupun laporan hasil penelitian terdahulu. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa perkembangan bahasa anak usia sekolah dasar adalah suatu proses mengekspresikan diri melalui interaksi sosial yang berkaitan dengan kematangan kognitif. Tahap perkembangan kognitif menurut Piaget yaitu tahap sensori motori, tahap pra-operasional, tahap operasional konkrit, tahap operasional formal. Kata Kunci: Perkembangan Bahasa, Jean Piaget iii ABSTRACT This research was based on Jean Piaget, a figure from the theory of language development who argued that the language development of elementary school age children is related to the development of thinking, which means that intelligence factors greatly influence the development of children's language skills. The environment can influence language development because language is generally the result of learning from the environment. This research aims to determine the language development of elementary school aged children and the stages of language development of elementary school aged children from a psychological perspective according to Jean Piaget. The research in this thesis includes library research (Library Research) which uses literature or bibliography in the form of books, notes or reports of previous research results. From the results of this research, it can be seen that the language development of elementary school age children is a process of expressing themselves through social interaction which is related to cognitive maturity. The stages of cognitive development according to Piaget are the sensory motor stage, pre-operational stage, concrete operational stage, formal operational stage. Keywords: Language Development, Jean Piaget

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Dec 2023 03:53
Last Modified: 21 Dec 2023 05:26
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31729

Actions (login required)

View Item View Item