IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH KABUPATEN LAMPUNG SELATAN PASAL 2 NOMOR 4 TAHUN 2016 TENTANG ASAS PENGELOLAAN KEUANGAN DESA PERSPEKTIF FIQH SIYASAH (Studi Di Desa Fajar Baru Kecamatan Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan)

Riki, Ersanda (2023) IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH KABUPATEN LAMPUNG SELATAN PASAL 2 NOMOR 4 TAHUN 2016 TENTANG ASAS PENGELOLAAN KEUANGAN DESA PERSPEKTIF FIQH SIYASAH (Studi Di Desa Fajar Baru Kecamatan Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Riki_Ersanda 1-2.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of Riki_Ersanda 1621020066 A4.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Kehadiran undang-undang tentang asas pengelolaan keuangan desa yaitu UU Nomor 4 Tahun 2016 memperkuat status desa sebagai pemerintahan masyarakat sekaligus sebagai kekuatan desa untuk membangun infrastruktur serta memberdayakan masyarakat desa. Sebagai bentuk dukungan kepada pemerintah desa dalam melaksanakan pembangunan infrastruktur dan pemberdayaan masyarakat desa, desa mendapatkan dana transfer dari daerah berupa Alokasi Dana Desa (ADD). ADD adalah dana perimbangan yang diterima kabupaten/kota dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) kabupaten/kota setelah dikurangi (DAK) Dana Alokasi Khusus. Pada penelitian ini dilaksanakan di desa Fajar Baru, kecamatan Jati Agung, Kabupaten Lampung Selatan. Akan dijelaskan bagaimana Implementasi pengelolalaan keuangan desa pada Pasal 2 No 4 Tahun 2016 di desa Fajar Baru kecamatan Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan serta Bagaimana pandangan Fiqh Siyasah Tanfidziyah terhadap Implementasi Pasal 2 No 4 Tahun 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi Pasal 2 Undang-Undang No 4 Tahun 2016 Asas-asas pengelolaan keuangan dan Untuk mengetahui bagaimana pandangan fiqh siyasah Tanfidziyah terhadap Pasal 2 Undang-Undang No 4 Tahun 2016 Asas-asas pengelolaan keuangan desa Desa Fajar Baru kecamatan Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan. Jenis penelitian ini ialah penelitian kualitatif dengan melakukan pendekatan analisis deskriptif. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan tekhnik dokumentasi dan wawancara dengan pihak-pihak yang terlibat dalam pengelolaan ADD. Hasil deskripsi didapat melalui analisa Peraturan Daerah Kabupaten Lampung Selatan Pasal 2 Nomor 4 Tahun 2016 dengan membandingkan realisasi di lapangan. Berdasarkan hasil penelitian untuk pengelolaan keuangan desa fajar baru kecamatan jati agung, kabupaten lampung selatan. Telah melakukan proses pertanggungjawabannya dengan selaras dengan perda dan dalam menjalankannya sudah terstruktur dengan baik. Desa fajar baru juga telah menerapkan asas-asas pengelolaan keuangan dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawab serta bersikap adil dalam menyampaikan menjalankan keuangan serta menginformasikan ke masyarakat sehingga semua proses pengelolaan sudah baik. Pemerintah Desa fajar baru memiliki tugas dan kewajiban untuk mengelola dan mewujudkan keuangan yang baik untuk. Serta selalu istiqamah dalam melaksanakan dan mewujudkan segala hal yang dapat mensejahterakan masyarakatnya. Dengan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Dec 2023 03:35
Last Modified: 21 Dec 2023 03:35
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31726

Actions (login required)

View Item View Item