PERAN ELITE AGAMA DALAM MEMBINA SOSIAL KEAGAMAAN JAMA’AH PENGAJIAN BABUL MAGHFIROH DESA GUNUNG BARU KEC.GUNUNG LABUHAN KAB. WAY KANAN

Nur, Azizah (2023) PERAN ELITE AGAMA DALAM MEMBINA SOSIAL KEAGAMAAN JAMA’AH PENGAJIAN BABUL MAGHFIROH DESA GUNUNG BARU KEC.GUNUNG LABUHAN KAB. WAY KANAN. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of Skripsi Nur Azizah.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Setiap masyarakat desa terdapat tokoh atau orang yang dianggap memumpuni dalam hal keagamaan dan mampu dalam mengatasi problem yang ada tengah masyarakat seperti hal nya yang ada di desa Gunung Baru terdapat elite agama sebagai sosok yang mempunyai kharismatik, sangat dipercaya dan menjadi panutan oleh masyarakat. Tidak hanya sebagai broker culture dalam masyarakat melainkan terdapat keunikan dalam penelitian ini yaitu elite agama yang bukan hanya menjadi pemimpin acara keagamaan melainkan problem sulving bagi masyarakat. Berdasarkan permasalahan diatas penulis merumuskan beberapa rumusan masalah. Bagaimana strategi elite agama dalam membina sosial keagamaan pada jama‘ah pengajian babul maghfiroh dengan tujuan, untuk mengetahui startegi elite agama dalam membina sosial keagamaan pada jama‘ah pengajian babul maghfiroh. Metode penelitian pada skripsi ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian lapangan (field research). Adapun sifat dari penelitian ini adalah Deskriptif yaitu penulis akan mendeskripsikan data temuan lapangan. Metode pengumpulan data berupa observasi peneliti mengamati secara langsung dilapangan, wawancara yang dimana peneliti berkomunikasi secara verbal dalam bentuk percakapan untuk memperoleh informasi dan dokumentasi yang bertujuan untuk memperoleh gambaran umum deskripsi lokasi penelitian. Dalam wawancara yang digunakan informan penggunaan teknik purposive sampling, dan dokumentasinya yang didapatkan dari kegiatan pengajian jama‘ah babul maghfiroh. Teori yang digunakan untuk menganalisis dalam penelitian ini adalah teori struktural fungsional oleh Tallcot Parsons. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang diterapkan elite agama dengan pendekatan secara langsung dan berbaur elite agama juga menetap tinggal bersama masyarakat didesa dengan menjadi problem solving berbagai persoalan sosial keagamaan yang mereka alami kemudian mendirikan lembaga pendidikan non formal yaitu kegiatan pengajian mingguan untuk pemuda, pengajian bulanan untuk ibu-ibu dan mendirikan TPA. Dari strategi diatas dan peran yang diterapkan oleh elite agama sangat efektif dalam kehidupan sehari-hari dan dapat diterima dengan baik oleh masyarakat. Terkait dengan adanya strategi tersebut para elite agama berhasil mengubah sosial keagamaan Jama‘ah Pengajian Babul Maghfiroh. Kata kunci : Peran Elite Agama ,Sosial Keagamaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Sosiologi Agama
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Dec 2023 03:07
Last Modified: 21 Dec 2023 03:07
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31723

Actions (login required)

View Item View Item