LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK DISKUSI OLEH GURU BIMBINGAN DAN KONSELING UNTUK MENINGKATKAN PERCAYA DIRI PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 AIR NANINGAN TANGGAMUS

Finka, Anindita (2023) LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK DISKUSI OLEH GURU BIMBINGAN DAN KONSELING UNTUK MENINGKATKAN PERCAYA DIRI PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 AIR NANINGAN TANGGAMUS. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of COVER BAB 1+5& DAPUS.pdf] PDF
Download (11MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI FINKA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian layanan konseling kelompok dengan teknik diskusi oleh guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan percaya diri peserta didik di SMPN 1 Air Naningan Tanggamus ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang di alami peserta didik yaitu rendahnya percaya diri. Maka dari itu peneliti ingin meneliti bagaimana pelaksanaan dan hasil dari layanan konseling kelompok dengan teknik diskusi yang dilakukan oleh guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan percaya diri peserta didik di SMPN 1 Air Naningan Tanggamus. Percaya diri merupakan pokok dan kunci utama dalam membentuk individu yang memiliki potensi diri yang optimal, karena dengan percaya diri yang positif mampu menjadikan individu memiliki keyakinan akan kemampuan dirinya tanpa merasa minder atas kekurangannya. Keberadaan layanan bimbingan dan konseling di sekolah berperan membantu peserta didik untuk mengetahui berbagai informasi, mengajak peserta didik untuk tidak ragu-ragu dalam mencapai aktualisasi diri yang positif. Di dalam konseling kelompok membawa pengaruh positif terhadap peserta didik yang memiliki percaya diri rendah. Dengan mengikuti layanan konseling kelompok peserta didik yang cenderung pasif dan pendiam dituntut untuk berani mengungkapkan pendapat di depan anggota kelompoknya. Melalui bimbingan dan konseling dengan penggunaan layanan konseling kelompok diharapkan agar peserta didik mampu menjadi lebih percaya diri atas kemampuan dan potensi dirinya, mampu mengembangkan potensi dirinya lebih optimal dan menjadikan keyakinannya lebih berani tampil ketika di forum umum baik dalam diskusi maupun kegiatan lainnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana layanan konseling kelompok dengan teknik diskusi yang diberikan oleh Guru Bimbingan Konseling untuk membantu meningkatkan percaya diri peserta didik di SMPN 1 Air Naningan Tanggamus. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi digunakan untuk mengidentifikasi peserta didik kelaS VIII B yang memiliki rasa kurang percaya diri. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan kegiatan layanan konseling kelompok dengan teknik diskusi yang dilakukan guru BK berjalan dengan baik. Dapat terlihat dari perubahan tingkah laku terkait rasa percaya diri peserta didik yang awalnya kurang berani saat diminta tampil di depan kelas, cenderung pendiam, tidak berani mengemukakan pendapat saat mengikuti forum diskusi, dan selalu berpikir pesimis, namun setelah diberikan layanan konseling kelompok dengan teknik diskusi peserta didik mengalami peningkatan rasa percaya dirinya. Maka dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan konseling kelompok dengan teknik diskusi yang diberikan guru bimbingan konseling dapat meningkatkan percaya diri peserta didik. Kata Kunci : Layanan Konseling Kelompok, Teknik Diskusi, Percaya Diri.ABSTRACT Research on group counseling services using discussion techniques by guidance and counseling teachers in increasing students' self�confidence at SMPN 1 Air Naningan Tanggamus was motivated by problems experienced by students, namely low self-confidence. Therefore, researchers want to examine how the implementation and results of group counseling services using discussion techniques carried out by guidance and counseling teachers increase students' self-confidence at SMPN 1 Air Naningan Tanggamus. Self-confidence is the main and main key in forming individuals who have optimal self-potential, because positive self-confidence can make individuals have confidence in their abilities without feeling inferior about their shortcomings. The existence of guidance and counseling services in schools plays a role in helping students to find out various information, inviting students not to hesitate in achieving positive self�actualization. Group counseling has a positive influence on students who have low self-confidence. By participating in group counseling services, students who tend to be passive and quiet are required to have the courage to express their opinions in front of their group members. Through guidance and counseling with the use of group counseling services, it is hoped that students will be able to become more confident in their abilities and potential, be able to develop their potential more optimally and make their beliefs more courageous in appearing in public forums, both in discussions and other activities. The aim of this research is to find out how group counseling services using discussion techniques provided by the Counseling Guidance Teacher help increase students' self-confidence at SMPN 1 Air Naningan Tanggamus. The research method used is a qualitative research method. Data collection techniques using interviews, observation and documentation were used to identify class VIII B students who lacked self-confidence. The data validity technique uses source triangulation. The results of this research show that group counseling service activities using discussion techniques carried out by guidance anD counseling teachers are running well. It can be seen from changes in behavior related to students' self-confidence, who initially lacked courage when asked to appear in front of the class, tended to be quiet, did not dare to express opinions when participating in discussion forums, and always thought pessimistically, but after being given group counseling services using participant discussion techniques students experience an increase in their self-confidence. So it can be concluded that implementing group counseling using discussion techniques provided by the counseling guidance teacher can increase students' self-confidence. Keywords: Group Counseling Services, Discussion Techniques, Self Confidence.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Dec 2023 02:18
Last Modified: 21 Dec 2023 04:29
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31716

Actions (login required)

View Item View Item