IMPLEMENTASI TERHADAP PERATURAN DAERAH NO 3 TAHUN 2010 TENTANG ANAK JALANAN PERSFEKTIF FIQIH SIYASAH DUSTURIYAH (Studi Pada Dinas Sosial Bandar Lampung)

Rahma, Hani (2023) IMPLEMENTASI TERHADAP PERATURAN DAERAH NO 3 TAHUN 2010 TENTANG ANAK JALANAN PERSFEKTIF FIQIH SIYASAH DUSTURIYAH (Studi Pada Dinas Sosial Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI RAHMA HANI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Menurut Kementerian Sosial RI anak jalanan adalah anak yang melewatkan atau memanfaatkan sebagian besar waktunya untuk melakukan kegiatan hidup sehari-harinya dijalanan. Anak jalanan adalah anak yang usianya masih dibawah 18 tahun serta sebagian waktu mereka di habiskan di tempat umum (jalanan, pasar, pertokoan, tempat-tempat hiburan) selama 3-24 jam untuk melakukan aktivitas ekonomi. Anak jalanan adalah sebuah istilah umum yang mengacu pada anak-anak yang mempunyai kegiatan ekonomi di jalanan, namun masih memiliki hubungan dengan keluarganya. terlepas dari itu menjadi tantangan oleh Pemerintah Kota Bandar Lampung. Permasalahan anak jalanan yang berada di Kota Bandar Lampung menjadi salah satu tantangan terbesar tidak kunjung dapat diatasi dengan tuntas. Anak jalanan menjelaskan faktor pendorong mereka turun ke jalanan meliputi 3 (tiga) faktor, yakni Faktor Ekonomi, Faktor Keluarga dan Faktor lingkungan. Anak jalanan yang berada di jalanan juga mengalami problematika yang kompleks mulai dari problematika dengan anak jalanan lainnya, problematika dengan kehidupan jalanan yang keras hingga problematika dengan aparat penagak hukum yang dinilai mereka kurang menjadi sahabat yang baik dengan mereka. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: 1. Bagaimana Pelaksanan Peraturan Daerah No. 3 Tahun 2010 tentang Anak Jalanan Dinas Sosial Bandar Lampung ? 2. Bagaimana pandangan Fiqh Siyasah Dusturiyah Terhadap Perda No 3 Tahun 2010 tersebut ?. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian field research dengan sifat penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data library research (pustaka), kemudian data yang terkumpul diolah menggunakan pendekatan berfikir induktif. Setelah semua data terkumpul maka penulis menganalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menujukan bahwa Implementasi Peraturan Daerah No. 3 tahun 2010 belum berjalan dengan optimal dan belum efektif serta pelayanan masih sangat kurang, sanksi yang diberikan kurang tegas sehingga menimbulkan anak jalanan masih terus berkeliaran. Hal ini disebabkan karena keterbatsan sarana dan prasarana, dan untuk pemerintah yang suda berkerja sama dengan satuan polisi pamong raja untuk menertibkan gelandangan, pengemis dan anak jalanan khususnya tidak berkerja sesuai dengan apa yang sudah di amanatkan di dalam Peraturan Daerah No 3 Tahun 2010. Hal ini dapat mengakibatkan usaha yang dilakukan Dinas Sosial belum bisa menujukan hasil karena dapat dilihat dari semakin bayaknya anak jalanan yang bertabur luas, pandangan Fiqh Siyasah Dusturiyah seharusnya pemerintah berlaku adil dalam memberikan pembinaan dan menjalankan sesuai peratuan daerah tersebut agar tidak kembali kejalanan, sesuai dengan sura An-Nisa ayat 58 bahwa pemerintah harus amanah dan bersikap adil terhadap masyarakat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 20 Dec 2023 07:59
Last Modified: 20 Dec 2023 07:59
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31712

Actions (login required)

View Item View Item