PENGARUH KETIMPANGAN PENDAPATAN DAN PERTUMBUHAN EKONOMI TERHADAP KEMISKINAN MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM DI KABUPATEN LAMPUNG UTARA

ALFINA, FITRIANI (2023) PENGARUH KETIMPANGAN PENDAPATAN DAN PERTUMBUHAN EKONOMI TERHADAP KEMISKINAN MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM DI KABUPATEN LAMPUNG UTARA. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of Skripsi Alfina Fitriani (1951010017) .pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Kemiskinan tidak lagi dipahami hanya sebagai ketidakberdayaan ekonomi, tetapi sebagai kegagalan seseorang atau sekelompok orang untuk menyadari hak-hak dasar dan perlakuan yang berbeda untuk hidup secara bermartabat. Hal ini membuat pertumbuhan ekonomi kabupaten Lampung Utara masih mengalami ketidakstabilan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana pengaruh ketimpangan pendapatan dan pertumbuhan ekonomi terhadap kemiskinan dan bagaimana Pengaruh ketimpangan pendapatan dan pertumbuhan ekonomi terhadap kemiskinan di Kabupaten Lampung Utara dalam perspektif ekonomi Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh Ketimpangan Pendapatan dan Pertumbuhan Ekonomi berpengaruh positif/negatif signifikan terhadap Kemiskinan dan untuk mengetahui Bagaimana Pengaruh ketimpangan pendapatan dan pertumbuhan ekonomi terhadap kemiskinan di Kabupaten Lampung Utara dalam perspektif ekonomi Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan data sekunder dalam periode pengamatan 2013- 2022. Data yang digunakan adalah Data Rasio Gini, PDRB, dan Kemiskinan. Data yang terkumpul di analisis yang diolah dengan program Eviews 10. Hasil penelitian menunjukkan Ketimpangan Pendapatan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Kemiskinan di Kabupaten Lampung Utara dan Pertumbuhan Ekonomi berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Kemiskinan di Kabupaten Lampung Utara. Dalam Perpektif Ekonomi Islam Pertumbuhan Ekonomi di Kabupaten Lampung Utara belum sepenuhnya sesuai dengan prinsip ekonomi Islam karena ketimpangan pendapatan yang semakin meningkat dapat mengindikasikan bahwa mekanisme distribusi pendapatan belum berjalan sesuai dengan prinsip keadilan yang dianjurkan dalam ekonomi Islam. Kata Kunci: Ketimpangan Pendapatan, Pertumbuhan Ekonomi, Kemiskinan, dan Ekonomi Islam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 20 Dec 2023 07:48
Last Modified: 20 Dec 2023 07:48
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31709

Actions (login required)

View Item View Item