PENGARUH PENGGUNAAN CROSSWORD PUZZLE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PEMBELAJARAN AL-QURAN HADIST KELAS VII DI MTs DARUL HUDA BANDAR LAMPUNG

Zulfa, Indana (2023) PENGARUH PENGGUNAAN CROSSWORD PUZZLE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PEMBELAJARAN AL-QURAN HADIST KELAS VII DI MTs DARUL HUDA BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS FIX.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI ZULFA FIX.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Media pembelajaran crossword puzzle merupakan permainan teka-teki silang yang digunakan sebagai media pembelajaran yang menyenangkan, tanpa menghilangkan esensi belajar yang sedang berlangsung bahkan media ini dapat melibatkan partisipasi peserta didik secara aktif sejak awal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Crossword Puzzle terhadap motivasi belajar siswa. Jenis penelitian yang digunaan ialah pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian Quasi Experimen atau eksperimen semu dan menggunakan angket atau kuesioner sebagai alat pengumpulan data. Desain penelitian yang digunakan Quasi eksperimen design yang digunakan dalam penelitian ini adalah bentuk desain nonequivalent control group pretest-postest group desain. Dari hasil analisis data yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar Al-Qur‟an Hadits peserta didik kelas eksperimen menunjukkan nilai rata-rata 70.6 sedangkan kelas kontrol menunjukkan hasil nilai rata-rata 46.6. Hasil tersebut menunjukkan bahwa kelas eksperimen lebih tinggi nilai rata-rata angket nya dibandingkan dengan kelas kontrol didapatkan pula nilai uji regresi linear sederhana guna mengeahui besaran pengaruh Crossword Puzzle terhadap motivasi di kelas eksperimen didapatkan hsail 0,247 yang dapat diartikan bahwa pengaruh variable bebas dan variable terikat sebesar 24,7%. Adapun terdapat pengaruh perbedaan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol karena adanya penggunaan Crossword Puzzle. Hasil dari penelitian ini yaitu analisis data dengan menggunakan uji indepeden sample t-test didapatkan nilai signifikansi 2-tailed 0.000 yang dimana nilai signifikansi tersebut lebih kecil dari nilai signifikansi 0.005 (0.000<0.005) maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pada penggunaan Crossword Puzzle terhadap motivasi belajar peserta didik pembelajaran Al-Qur‟an Hadits kelas VII di MTs Darul Huda Bandar Lampung. Kata kunci: Teka-teki Silang, Media Pembelajaran, Al-Qur’an Hadist iv ABSTRACT Crossword puzzle learning media is a crossword puzzle game that is used as a fun learning medium, without losing the essence of ongoing learning, this media can even involve active student participation from the start. This research aims to determine the effect of using Crossword Puzzle media on student learning motivation. The type of research used is a quantitative approach with a quasi-experimental or quasi-experimental research design and using questionnaires as a data collection tool. The research design used. The quasi-experimental design used in this research is a nonequivalent control group pretest-posttest group design. The results of the data analysis carried out, it can be concluded that the motivation to learn the Al-Qur'an Hadith of experimental class students showed an average score of 70.6, while the control class showed an average score of 46.6. These results show that the experimental class has a higher average questionnaire score compared to the control class. Also, the value of a simple linear regression test to find out the magnitude of the influence of the Crossword Puzzle on motivation in the experimental class is 0.247, which can be interpreted as meaning that the influence of the independent variable and the dependent variable is equal to 24.7%. There is a difference between the experimental class and the control class due to the use of the Crossword Puzzle. The results of this research, namely data analysis using the independent sample t-test, obtained a 2-tailed significance value of 0.000, where the significance value is smaller than the significance value of 0.005 (0.000<0.005), so Ho is rejected and Ha is accepted. So it can be concluded that there is an influence on the use of Crossword Puzzles on the learning motivation of students studying Al�Qur'an Hadith class VII at MTs Darul Huda Bandar Lampung. Keyword: Crossword Puzzle, Learning Media, Al-Qur’an Hadist

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 20 Dec 2023 07:39
Last Modified: 20 Dec 2023 10:20
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31705

Actions (login required)

View Item View Item