MENGEMBANGKAN INTERAKSI SOSIAL MELALUI TEKNIK ROLE PLAYING ANAK USIA DINI 5-6 TAHUN DI TK ASSALAM 1 SUKARAME BANDAR LAMPUNG

RAHMAWATI, A. Syaparuddin, (2023) MENGEMBANGKAN INTERAKSI SOSIAL MELALUI TEKNIK ROLE PLAYING ANAK USIA DINI 5-6 TAHUN DI TK ASSALAM 1 SUKARAME BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI PERPUSTAKAAN.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Interaksi sosial anak merupakan suatu hubungan antara anak dengan lingkungannya, seperti hubungan antara anak dengan teman sebayanya, maupun antara anak dengan gurunya. Namun dalam berinteraksi sosial disekolah TK Assalam 1 Sukarame Bandar Lampung masih terdapat anak yang kesulitan untuk berinteraksi dengan orang disekitarnya. Hal ini dapat dilihat dari prilaku anak yang suka menyendiri, tidak mau berbagi, serta tidak mau bekerja sama, menunjukan ekspresi marah, sedih dan takut saat disekolah. Oleh karena itu peneliti membahas tentang mengembangkan interaksi sosial melalui teknik role playing anak usia dini 5-6 tahun di TK Assalam 1 Sukarame Bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan interaksi sosial anak usia dini di TK Assalam 1 Sukarame Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Objek dalam penelitian ini adalah interaksi sosial melalui teknik role playing. Sedangkan subjek dalam penelitian ini merupakan guru kelas dan anak usia dini 5-6 tahun di kelompok B1 berjumlah 17 anak, yang meliputi 7 anak laki-laki dan 10 anak perempuan. Alat pengumpulan data berupa hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang dihasilkan, selanjutnya peneliti analisis menggunakan reduksi data, display dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada enam cara yang dilakukan guru untuk mengembangkan interaksi sosial melalui teknik role playing, yaitu: 1) Guru menceritakan alur cerita yang akan dimainkan sesuai tema, 2) Guru menyiapkan benda yang akan dipakai, 3) Guru mencontohkan peran yang akan dimainkan, 4) Guru memberikan kesempatan pada anak untuk jadi pemeran. 5) Guru mengingatkan kembali pada anak pengalaman saat bermain. 6) Guru memberikan contoh pada anak untuk membereskan kembali peralatan. Kata Kunci: Interaksi, Sosial, Role Playing. iii ABSTRACT Children's social interaction is a relationship between the child and their environment, such as the relationship between the child and their peers or between the child and their teacher. However, in social interactions at TK Assalam 1 Sukarame Bandar Lampung, there are still children who have difficulty interacting with people around them. This can be observed through behaviors such as being solitary, unwilling to share, and unwilling to cooperate, showing expressions of anger, sadness, and fear at school. Therefore, the researcher discusses the development of social interaction through role-playing techniques for early childhood aged 5-6 years at TK Assalam 1 Sukarame Bandar Lampung. This research aims to describe the social interaction of early childhood in TK Assalam 1 Sukarame Bandar Lampung. The research method used is descriptive qualitative. The object of this study is social interaction through role-playing techniques, while the subjects are the class teacher and early childhood aged 5-6 years in group B1 consisting of 17 children, including 7 boys and 10 girls. Data collection tools include observation results, interviews, and documentation. The data obtained are then analyzed using data reduction, display, and drawing conclusions. The results of this study show that there are six ways teachers use to develop social interaction through role-playing techniques: 1) The teacher narrates the storyline to be played according to the theme, 2) The teacher prepares the objects to be used, 3) The teacher demonstrates the roles to be played, 4) The teacher gives children the opportunity to play roles, 5) The teacher reminds children of their experiences while playing, and 6) The teacher provides examples to children to tidy up the equipment. Keywords: Interaction, Social, Role Playing.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 20 Dec 2023 03:25
Last Modified: 20 Dec 2023 09:55
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31688

Actions (login required)

View Item View Item