FUNGSI KELOMPOK TANI HUTAN (KTH) RIMBE PASMAH DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT UNTUK MENJAGAKELESTARIAN HUTAN DI DESA MULYOSARIKECAMATAN TANJUNGSARI LAMPUNG SELATAN

Reza, Dwi Andika (2023) FUNGSI KELOMPOK TANI HUTAN (KTH) RIMBE PASMAH DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT UNTUK MENJAGAKELESTARIAN HUTAN DI DESA MULYOSARIKECAMATAN TANJUNGSARI LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of Skripsi Reza Dwi Andika.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penurunan kelestarian hutan kemasyarakatan dapat berdampak negatif terhadap masyarakat sekitar. Misalnya hilangnya sumber mata pencaharian tradisional dapat menyebabkan kemiskinan serta terjadinya bencana alam seperti banjir dan longsor. Pemberdayaan masyarakat di Desa Mulyosari Kecamatan Tanjungsari Lampung Selatan melalui KTH Rimbe Pasmah dapat mengurangi dampak negatif dan dapat meningkatkan keterampilan masyarakat tentang bertani. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu, bagaimana fungsi edukatif Kelompok Tani Hutan (KTH) Rimbe Pasmah dalam pemberdayaan masyarakat untuk menjaga kelestarian hutan melalui sosialisasi di Desa Mulyosari Kecamatan Tanjungsari Lampung Selatan? Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui fungsi edukatif Kelompok Tani Hutan (KTH) Rimbe Pasmah dalam pemberdayaan masyarakat untuk menjaga kelestarian hutan melalui sosialisasi di Desa Mulyosari Kecamatan Tanjungsari Lampung Selatan. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research) dan sifat penelitian ini yaitu deskriftif analisis. Sumber data yang digunakan adalah jenis data primer dan data sekunder. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 99 orang dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 7 orang. Teknik pengumpulan data meliputi, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengelolaan data yaitu, editing, coding dan sistematisasi data, kemudian data dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengujian keabsahan data menggunakan teknik triangulasi yang mengutamakan efektivitas proses dan hasil yang diinginkan. Fungsi edukatif Kelompok Tani Hutan (KTH) Rimbe Pasmah di Desa Mulyosari, Kecamatan Tanjungsari, Lampung Selatan dalam pemberdayaan masyarakat untuk menjaga kelestarian hutan melalui sosialisasi dan pelatihan. Kata Kunci: Kelompok Tani Hutan, Pemberdayaan Masyarakat, dan Kelestarian Hutan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 20 Dec 2023 03:18
Last Modified: 20 Dec 2023 03:18
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31686

Actions (login required)

View Item View Item