EKSPERIMENTASI LAYANAN KONSELING BELAJAR DENGAN TEKNIK RELAKSASI DALAM MENURUNKAN KEJENUHAN BELAJAR PADA PESERTA DIDIK DI SMK NEGERI 01 NEGERI BESAR KABUPATEN WAY KANAN

ROSALINDA, NURANGGRAINI (2023) EKSPERIMENTASI LAYANAN KONSELING BELAJAR DENGAN TEKNIK RELAKSASI DALAM MENURUNKAN KEJENUHAN BELAJAR PADA PESERTA DIDIK DI SMK NEGERI 01 NEGERI BESAR KABUPATEN WAY KANAN. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI ROSALINDA NURANGGRAINI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Belajar merupakan pekerjaan yang biasa dilakukan manusia pada umumnya ketika manusia ingin melakukan sesuatu tertentu. Disadari atau tidaknya lama durasi waktu untuk belajar berakibat kepada peserta didik, salah satunya kejenuhan belajar pada siswa, turunnya motivasi belajar dan minat siswa dalam menyelesaikan tugas. Adapun fokus penelitian mengenai Kejenuhan Siswa dalam belajar, Strategi yang digunakan dalam mengatasi kejenuhan belajar dan kendala yang dihadapi dalam strategi tersebut. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perubahan perilaku kejenuhan belajar pada peserta didik di SMK Negeri 1 Negeri Besar Way Kanan dengan menggunakan konseling belajar dengan teknik relaksasi. Penelitian ini menggunakan metode Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Subjek dalam penelitian ini adalah seorang peserta didik di kelas XI DKV SMK Negeri 1 Negeri Besar Way Kanan. Proses penelitian ini berlangsung dengan 3 tahapan. Tahapan pertama penelitian melakukan baseline A1, tahap kedua peneliti memberikan perlakuan (treatment) atau intervensi B, dan tahap terakhir yaitu baseline A2, metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi. Wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi, disajikan dalam bentuk tabel dan grafik. Hasil menunjukkan adanya perubahan dengan penurunan perilaku kejenuhan belajar yang ditunjukkan TK. Fase baseline A-1 terlihat perilaku kejenuhan belajar meningkat. Pada fase intervensi dan diberi perlakuan berupa konseling belajar teknik relaksasi menunjukkan hasil penurunan pada perilaku kejenuhan belajar pada TK. Kemudian fase baseline A-2 tanpa diberikan intervensi menunjukkan hasil yang semakin membaik. Dengan persentase overlape sebesar 1%. Berdasarkan hal tersebut, maka dapat dinyatakan bahwa perilaku kejenuhan belajar pada peserta didik di SMK Negeri 1 Negeri Besar Way Kanan menurun dengan menggunakan teknik relaksasi. Kata kunci: Belajar; konseling; kejenuhan; teknik relaksasi. ABSTRACT Learning is a job that humans generally do when humans want to do something certain. Whether you realize it or not, the long duration of time spent studying has an impact on students, one of which is student boredom from learning, decreased learning motivation and student interest in completing assignments. The research focus is on student boredom in learning, the strategies used to overcome learning boredom and the obstacles faced in these strategies. The aim of this research was to determine changes in learning boredom behavior among students at SMK Negeri 1 Negeri Besar Way Kanan by using learning counseling with relaxation techniques. This study used the Single Subject Research (SSR) method with an A-B-A design. The subject in this study was a student in class XI DKV at SMK Negeri 1 Negeri Besar Way Kanan. The research process took place in 3 stages. The first stage of the research is to conduct baseline A1, the second stage is to provide treatment or intervention B, and the last stage is baseline A2, the data collection method used is observation. Interview and documentation. Data analysis uses analysis within conditions and analysis between conditions, presented in the form of tables and graphs. The results show a change with a decrease in learning boredom behavior shown by kindergarten. In the baseline A-1 phase, learning boredom behavior increases. In the intervention phase and given treatment in the form of learning counseling, relaxation techniques showed results in reducing boredom learning behavior in kindergarten. Then the baseline phase A-2 without intervention showed increasingly improved results. With an overlap percentage of 1%. Based on this, it can be stated that the learning boredom behavior of students at SMK Negeri 1 Negeri Besar Way Kanan decreased by using relaxation techniques. Keywords: Learning; counseling; saturation; relaxation techniques.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 20 Dec 2023 02:07
Last Modified: 20 Dec 2023 09:52
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31682

Actions (login required)

View Item View Item